Tips & Trik

Ayo Mengenal Fungsi Roller Pada Motor Matic

PUBLISHED DATE : 05 Februari 2022

156788091 S

V belt pada mesin CVT memiliki usia pakai sehingga harus rutin diganti. Biasanya v belt sudah tidak layan pakai ketika motor telah menempuh jarak 10.000 km. Namun tidak memungkiri bahwa v belt harus diganti sebelum jarak tersebut. 

Oleh karena itulah pada saat servis rutin lebih baik memeriksa v belt ini secara berkala. Tanpa v belt, roller tidak akan bekerja dengan maksimal. Ciri v belt yang harus diganti adalah retak atau pecah. 

Bukan hanya soal kenyamanan penggunaan motor tetapi juga keamanan. Karena v belt yang sudah tidak layak pakai bisa putus ketika motor sedang dikendarai. Resikonya bisa menimbulkan kecelakaan. 

  • Mengecek atau Mengganti Kampas Kopling 

Kampas kopling berperan untuk menciptakan gaya sentrifugal sehingga wajib dicek kualitasnya. Ketika kampas kopling ini semakin menipis maka motor akan semakin tidak responsif. 

Akselerasi pun akan menurun dan cukup berbahaya adalah akan terjadi gejala slip. Efek buruknya bukan hanya merusak roller tetapi juga membuat bahan bakar semakin boros. 

kampas kopling yang sudah aus sebaiknya segera diganti dengan yang baru. Jangan biarkan terlalu lama kampas kopling yang sudah terlalu tipis. 

  • Rutin Mengganti Oli Transmisi 

Selain oli mesin ada juga oli transmisi yang dibutuhkan sepeda motor matic. Oli ini berfungsi untuk melumasi semua komponen transmisi termasuk roller. Tanpa adanya oli ini maka semua komponen baik roller dan di dalam CVT bisa cepat aus. 

Baca Juga : Biar Awet, Begini Cara Merawat Knalpot Motor

Oleh karena itu oli transmisi ini juga harus diganti secara rutin sesuai dengan saran dari teknisi bengkel. Biasanya oli transmisi ini harus diganti setiap 8.000 km sekali. Jadi perhatikan apakah motor Anda sudah mencapai jarak tersebut. 

Tanda-Tanda Roller Sepeda Motor Matic Minta Diganti 

Ketika Anda jarang melakukan perawatan sepeda motor, roller pada CVT sudah pasti cepat aus. Anda bisa mengenali tanda kapan roller harus diganti, karena ada beberapa ciri yang bisa diperhatikan sebagai berikut:

  • Muncul Suara Kretek-Kretek

Ciri pertama adalah munculnya suara kretek-kretek pada bagian CVT. Tandanya roller sudah tidak memiliki bentuk bulat lagi dan bergesekkan dengan rumah roller. Segera ganti jika suara ini muncul. 

  • Motor Terasa Berat 

Motor tiba-tiba terasa lebih berat padahal Anda sudah menarik gas cukup dalam? Artinya terdapat masalah pada bagian roller motor dan harus segera diganti. Efeknya bahan bakar pun akan menjadi lebih boros. 

Jangan biarkan terlalu lama jika ciri ini Anda rasakan pada sepeda motor. Anda bisa segera mengunjungi bengkel resmi Suzuki terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya