Tips & Trik

Awas, Ini Efek Jika Oli Gardan Mobil Tidak Diganti Berkala

PUBLISHED DATE : 05 Mei 2021

Oli Gardan

Suara bising ini muncul dari kotak CVT dan Anda pasti akan merasa tidak nyaman dengan adanya suara ini. Ketika Anda mengendarai di jalan datar sekalipun bunyi ini akan terus terdengar, jika suaranya semakin kencang menandakan kerusakan semakin parah. 

  • Meningkatnya Suhu jadi Overheat

Apabila Anda lupa mengganti oli gardan mobil, dampak selanjutnya yang muncul adalah masalah suhu. Peran penting oli gardan bukan hanya sebagai pelumas saja, tetapi juga besar pengaruhnya pada pendinginan yang terjadi di mesin gardan. 

Apabila Anda lupa menggantinya secara berkala, maka akan membuat suhu pada gardan mobil menjadi macet. Apabila terjadi macet, maka suhu berubah semakin tinggi atau overheat. Ketika suhunya tinggi, bukan tidak mungkin akan mengakibatkan komponen gardan memuai. 

  • Jalan Kendaraan Tidak akan Mulus

Selain suara yang mengganggu, laju kendaraan juga akan terhambat. Bisa saja ketika Anda berkendara, mesin mengalami ngadat. Anda pun akan terhambat dalam perjalanan. Hal ini disebabkan karena gesekan yang terjadi antar komponen mesin terlalu keras. 

Gesekan dinamis terlalu keras akan terjadi ketika oli gardan sudah tidak layak pakai lagi. Adanya gesekan keras ini yang membuat perputaran antar mesin terhambat. Anda pun tidak akan nyaman lagi berkendara karena tidak bisa berjalan mulus. 

  • Sulit Mengendalikan Roda Mobil

Baca Juga : Cara Efektif Menggunakan Kunci Busi

Roda pada mobil disetel agar bisa diatur atau dikendalikan sesuai keinginan. perputaran roda pun tidak selalu memiliki kecepatan yang sama, contohnya saja saat berbelok. Gardan berfungsi dalam mengatur kecepatan perputaran roda dalam transmisi otomatis. 

Fungsi gardan jadi tidak sempurna karena oli yang dibutuhkan tidak bekerja maksimal. Akhirnya akan membuat roda pada mobil berputar dengan kecepatan yang sama. Akibatnya adalah roda menjadi sulit dikendalikan dan potensi terjadi kecelakaan sangat besar. 

  • Kerusakan pada Gear Ratio

Semua kendaraan yang menggunakan transmisi otomatis, kinerjanya bergantung pada gear ratio. Padahal gear ratio akan bekerja dengan baik asalkan oli gardan masih bisa berfungsi untuk melumasi. 

Apa yang terjadi jika tidak ada oli? Tentu saja gear ratio tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Ketika kerusakan terjadi maka jalan satu-satunya adalah dengan mengganti komponen tersebut. Padahal harga komponen gear ratio sendiri tidaklah murah. 

Tanda-Tanda Mobil Perlu Melakukan Pergantian Oli Gardan

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya