Tips & Trik

Asap Knalpot Mobil Ngebul? Apakah Penyebabnya?

PUBLISHED DATE : 19 Juni 2020

54145839 S

Kondisi seperti ini tidak jarang oleh kebanyakan orang dianggap sebagai penyakit mahal yang timbul karena knalpot pada mobil. Selain itu, penyakit ini juga hanya terjadi pada mobil dan penanganannya membutuhkan biaya yang lebih dari perawatan.

Akibat kerusakan yang terjadi mungkin sudah menjadi resiko dan tidak menjadi hal yang mengejutkan bila terjadi pada mobil yang sudah tua. Namun, apabila membeli mobil bekas perlu memperhatikan beberapa kemungkinan ini sebelum memutuskan membelinya.

Asap knalpot ini juga dapat mengakibatkan polusi pada udara sekitar, sehingga orang yang ada di sekitarnya akan mengalami gangguan pada sistem pernafasan. Di samping itu, polusi udara juga dapat menjadi penghalang penglihatan pengendara yang lain karena kepekatan warna yang ditimbulkan.

Tanda-tanda Mobil Rusak Dari Ngebul

Selain memperhatikan penyebab dari asap knalpot ngebul, juga perlu diperhatikan tanda-tanda yang ditimbulkan. Banyak yang mengatakan mobil ngebul itu tanda jika rusak. Akan tetapi tidak secepat itu memutuskan karena perlu dilakukan identifikasi lebih baik.

Baca Juga : Mengenal Fungsi Water Pump Mobil dan Ciri Kerusakannya

Tanda yang bisa dibuktikan misalnya dari warna asap. Hal ini karena warna yang muncul dari asap mobil bermacam-macam. Misalnya asap berwarna abu-abu, kondisi ini biasanya terjadi pada jenis mobil matic.

Warna asap abu-abu biasanya mencerminkan kerusakan yang terjadi pada saluran oli atau pada bagian PVC mobil. Pada saluran, jika terjadi kerusakan oli akan merembes dan bocor masuk ke pembakaran mesin. Sedangkan pada PVC, gas dan uap sisa pembakaran yang masuk akan overload.

Berikutnya ada warna asap putih, warna ini biasanya dijadikan indikator sebagai bentuk kerusakan pada bagian kondensasi di dalam kanal dan juga karena kerusakan pada mesin pembakarnya. Kedua penyebab ini dapat dibedakan dari ketebalan asap yang ditimbulkan.

Kerusakan yang terjadi karena kondensasi yang rusak, maka asap putih yang timbul akan nampak transparan. Namun jika yang rusak bagian pembakarannya, asap yang timbul cenderung tebal.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya