Tips & Trik

Apa itu Airbag pada Mobil? Ini Fungsi dan Cara Kerjanya

PUBLISHED DATE : 23 Juli 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/apa_itu_airbag.jpg

Pengguna mobil semakin hari meningkat baik itu dari kalangan remaja maupun dewasa. Tidak heran jika di jalanan banyak terjadi kecelakaan mobil. Dalam hal ini, Adanya airbag pada mobil akan sangat membantu pengendara di jalan raya untuk menjaga keamanan mereka.

Kebanyakan orang cukup menggunakan seat belt untuk alat pelindung diri saat berkendara, namun fitur keselamatan sudah banyak perkembangan saat ini. Untuk menjaga keamanan dan keselamatan pengendara perlu mengetahui fitur keselamatan, fungsi dan cara kerjanya berikut ini:

Apa Itu Airbag Pada Mobil ?

Baca Juga : 3 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Kulit Pengendara Motor

Seperti yang Anda ketahui, fitur tersebut adalah salah satu komponen pelindung diri untuk pengendara. Fitur keselamatan yang satu ini telah dikembangkan di beberapa mobil keluaran terbaru milik Suzuki.

Komponen pelindung diri ini dihadirkan sebagai bentuk pelengkap kebutuhan pengendara yang banyak berujung pada benturan. Meskipun beberapa alat transportasi darat telah dilengkapi seat belt, dengan adanya alat pelindung diri ini kinerja fitur keselamatan pada mobil akan lebih efisien lagi.

Ada juga pendapat mengenai apa itu airbag yang mengatakan alat tersebut merupakan terobosan baru sebagai perlindungan di area vital pengendara. Komponen keselamatan ini memang letaknya di jok depan mobil, tempat biasanya terjadi benturan pada bagian tubuh pengendara.

Baca Juga : Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Mengisi BBM Kendaraan

Fungsi Airbag Mobil

Airbag merupakan alat pelindung diri yang fungsi utamanya adalah melindungi pengendara terutama saat terjadi benturan di perjalanan. Alat pelindung diri ini letaknya di bagian depan mobil sehingga organ vital dapat terlindungi secara maksimal.

Dalam hal ini, saat kecelakaan yang menyebabkan terjadi benturan keras, organ vital berupa kepala, leher dan dada akan aman dari benturan. Pada beberapa mobil alat pelindung diri ini telah dimaksimalkan hingga seluruh bodynya sehingga pengendara semakin dijamin keamanannya.

Baca Juga : Benarkah Bisa Dapat Lebih Banyak Kalau Isi Bensin di Malam Hari?

Fungsi alat pelindung diri ini selain menjamin keamanan dan kenyamanan juga menjaga keadaan mobil tetap prima. Ketika terjadi benturan akan banyak kerusakan terjadi pada mobil, namun dengan adanya alat pelindung diri ini kerusakan pada interior mobil sedikit terminimalisir.

Fungsi lainnya dari komponen pelindung diri ini adalah untuk menghambat laju pengendara dan penumpang mobil dalam waktu beberapa detik. Penghambatan laju penumpang ini akibat komponen pelindung diri yang mengembang secara maksimal sesuai kapasitasnya.

airbag_mobil

Cara Kerja Airbag Mobil Untuk Keselamatan Berkendara di Jalan Raya

Ketika menempuh perjalanan, seorang pengendara mobil perlu menyiapkan mental dan kondisi mobil yang hendak digunakan. Seorang pengendara perlu memahami cara kerja keseluruhan mobil yang dimiliki sehingga bisa mengendarai mobil lebih maksimal.

Pemahaman terhadap seluruh komponen mobil termasuk airbag ini juga  sangat berguna saat terjadi kecelakaan sehingga pengemudi telah siap siaga. Dalam hal ini pula, airbag mobil akan bekerja secara otomatis saat terjadi benturan yang sangat dahsyat.

Komponen pelindung diri ini terhubung langsung pada sensor mobil, sehingga ketika terjadi benturan keras ia akan aktif secara otomatis. Sensor mobil yang telah mengirimkan sinyal tersebut membuat alat pelindung diri langsung mengembang dan menyelimuti beberapa bagian mobil.

Bagian mobil yang diselimuti dengan alat pelindung diri ini secara otomatis juga akan melindungi organ-organ vital pengendara. Melalui adanya terobosan baru inilah  fitur pengamanan keselamatan pengendara mobil semakin sempurna.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya