Tips & Trik

Asap Knalpot Mobil Ngebul? Apakah Penyebabnya?

PUBLISHED DATE : 19 Juni 2020

54145839 S

Warna asap yang berikutnya adalah hitam. Warna asap mobil ini sangat mengganggu sekali, hal ini dikarenakan terjadinya kesalahan pada mesin pembakaran. Kondisi inilah yang memicu bahan bakar tidak dibakar secara sempurna dan asap keluar dengan begitu pekat.

Asap hitam pekat sendiri juga bisa dikatakan sebagai indikasi kerusakan pada komponen mesin mobil seperti saringan udara, karburator mesin, dan masih banyak lainnya. Maka, jika sudah muncul tanda kepulan asap hitam bisa segera periksakan mobil ke bengkel.

Warna asap mobil yang terakhir adalah warna biru ke abu-abuan. Kondisi ini tentu terjadi karena kelainan pada mesin mobil bukan karena kesengajaan untuk memperindah asap. Biasanya hal ini menjadi indikator terbakarnya oli mobil.

Solusi Untuk Asap Kendaraan Ngebul

Menurut beberapa ulasan sebelumnya, sebagai pengguna yang baik dan bijaksana harus tahu juga solusi untuk asap kendaraan yang ngebul. Beberapa solusi tersebut, yang pertama adalah dengan menganalisa baik-baik sumber masalahnya.

Baca Juga : Tips Mudah Menjaga Kecerahan Warna Cat Mobil

Sumber masalah sendiri bisa dilihat dari beberapa komponen mesin mobil. Kegiatan ini dapat dimulai dengan mengecek volume oli. Jika oli pada mesin kurang dari nol maka dapat disimpulkan jika terjadi kebocoran oli yang sangat deras.

Pengecekan berikutnya berlanjut pada indikator yang terletak di dashboard. Apabila lampu check engine menyala, maka segera lakukan pemeriksaan pada sistem injeksi mobil mungkin saja terjadi masalah. Berikutnya saat menghidupkan mesin perlu memperhatikan cara kerja mesin.

Kegiatan pemerhatian cara kerja mesin ini berguna untuk memantau kemulusan penggunaan mobil. Apabila timbul suara-suara yang tidak wajar saat mesin nyala maka harus segera dilakukan perbaikan pada bagian turbo mesin.

Pengecekan masalah-masalah tersebut bisa dilakukan dengan mudah. Apabila Anda mengetahui mesin mobil dengan baik, maka bila terjadi kerusakan knalpot dapat segera ditangani. Namun, jika tidak paham dengan pasti situasi dan kondisi yang harus dilakukan, sebaiknya segera dibawa ke bengkel.

Menyerahkan wewenang pada bengkel ini selain untuk mendapat penanganan yang lebih baik dan masalah yang ada segera teratasi juga untuk mencegah penanganan salah. Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan penanganan kerusakan mesin tersebut pada pihak bengkel terbaik.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya