Tips & Trik

Apa itu Pelaut dan Apa Bedanya dengan Marinir

PUBLISHED DATE : 24 Mei 2021

Kapal Perang

Memelihara alat keselamatan kapal juga menjadi tanggung jawab pelaut. Hal ini harus selalu dikontrol agar tidak terjadi kerusakan dan dapat berfungsi dengan baik saat dibutuhkan.

    3. Menjaga kebersihan kapal

Kebersihan bagian dalam kapal merupakan salah satu tanggung jawab yang harus selalu dijaga oleh pelaut. Hal ini berkaitan dengan kenyamanan bagi seluruh penumpang kapal, termasuk para pelaut itu sendiri.

    4. Memuat dan membongkar muatan

Pelaut juga bertanggung jawab atas seluruh muatan kapal. Pelaut akan memperkirakan muatan yang dapat dimuat dalam kapal. Selain itu, pelaut juga bertanggung jawab saat membongkar muatan kapal agar tidak terjadi kekeliruan.

    5. Membantu penumpang

Sebagai orang yang bertanggung jawab penuh pada kapal, pelaut secara otomatis memiliki tanggung jawab pula pada penumpang kapal. Para pelaut harus selalu siap dimintai bantuan oleh penumpang.

kapal_perang

Perbedaan Pelaut dan Marinir

Dewasa ini, masih saja banyak masyarakat yang menganggap bahwa pelaut dan marinir adalah dua profesi yang sama. Namun ternyata dua istilah ini memiliki perbedaan mendasar yang membedakan posisi dan tanggung jawab kerjanya.

Baca Juga : Yuk Mengenal Jenis-Jenis Bahan Bakar Kapal Laut

Marinir merupakan suatu cabang angkatan bersenjata yang berkemampuan untuk menyerbu secara amfibi, menggunakan infanteri, kendaraan air, pesawat udara, dan kendaraan lapis baja. Penjelasan tentang pelaut di atas dan definisi tersebut mencerminkan adanya perbedaan marinir dengan pelaut.

Di dunia militer, korps pelaut dan korps marinir sama-sama berada di bawah TNI Angkatan Laut.

Akan tetapi, keduanya memiliki spesifikasi dan tugas yang berbeda. Dilihat dari segi kemampuan dasarnya, pelaut memiliki kemampuan dasar Perwira yang bertugas sebagai Perwira Penjaga Laut.

Sedangkan marinir memiliki kemampuan dasar Perwira Korps Marinir yang mampu bertugas sebagai Komandan Peleton Infanteri, Komandan Peleton Senjata Bantuan Infanteri, serta memahami tugas Komandan Kompi Infanteri Marinir.

Dilihat dari segi disiplin ilmu yang digeluti, pelaut berpotensi dalam disiplin Ilmu dan Teknologi Kelautan, Teknik Manajemen, atau Sosial Politik tertentu. Sedangkan marinir memiliki potensi disiplin Ilmu Sosial Politik.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

54638764 S

Mengenal Apa itu Kapal Destroyer

Berdiri sebagai negara kepulauan, sudah seharusnya Indonesia memiliki pertahanan maritim yang bagus. Menggunakan alat utama sistem senjata seperti kapal destroyer menjadi sebuah ke...

selengkapnya