Tips & Trik

Apa itu Pelaut dan Apa Bedanya dengan Marinir

PUBLISHED DATE : 24 Mei 2021

Kapal Perang

Apa itu pelaut tidak lepas dari tugas dan tanggung jawab yang dibebankan kepadanya. Setiap pelaut memiliki tugas dan tanggung jawab yang berkaitan dengan kapal beserta pelayarannya. Tugas-tugas pelaut antara lain sebagai berikut.

  1. Membuat Patokan Arah Navigasi

Pelaut bertugas untuk membuat patokan arah navigasi dengan menggunakan pencari kedalaman, radar laut, lampu penanda, mercusuar, dan cuaca. Hal ini dilakukan agar kapal memiliki patokan arah yang tepat untuk berlayar mencapai tempat tujuan dengan aman dan lancar.

    2. Membuat Rute Peta Pelayaran

Pelaut harus mengatur dan membuat rute peta pelayaran yang akan dilakukan. Hal ini dilakukan untuk menentukan jalur terbaik yang dilewati oleh kapal untuk mencapai tempat tujuan dengan aman.

    3. Memeriksa Seluruh Bagian dan Kelengkapan Kapal

Agar pelayaran dapat berjalan dengan lancar, pelaut harus memastikan seluruh bagian pengoperasian kapal berfungsi dengan baik. Selain itu, alat keselamatan kapal juga harus diperiksa kelengkapannya. Semua hal itu harus sesuai dengan standar dan peraturan.

    4. Mengoperasikan Radio Untuk Komunikasi

Radio komunikasi berfungsi sebagai alat komunikasi antara kapal dengan menara pengawas. Pelaut bertugas untuk mengoperasikan radio ini agar tidak terjadi marabahaya dalam kapal baik yang disebabkan oleh alam maupun human error.

    5. Mengatur Muatan Kapal

Baca Juga : Mari Mengenal Jenis Jenis Kemudi Kapal Laut

Pelaut bertugas untuk mengatur muatan kapal agar tidak memberatkan laju kapal. Pelaut juga harus memperkirakan bahwa muatan tersebut beserta persediaan air tawar cukup untuk semua awak kapal.

    6. Membaca alat pengukur

Melalui alat pengukur, pelaut akan mengetahui tingkat cairan hidrolik, tekanan udara, dan oksigen dalam kapal. Demi keselamatan bersama, semua hal tersebut harus berada dalam batas yang cukup.

Tanggung Jawab Pelaut

Pelaut adalah orang-orang yang bertanggung jawab atas segala hal yang ada di kapal. Tanggung jawab pelaut jika dirinci meliputi beberapa hal berikut ini.

  1. Melakukan perawatan kapal

Para pelaut dididik untuk memahami seluk beluk kapal. Pemahaman ini diperlukan untuk dapat melakukan perawatan kapal. Para pelaut dituntut untuk dapat melakukan perawatan pada kapal termasuk pada bagian mesinnya sehingga kapal dapat berlayar dengan maksimal.

    2. Memelihara alat keselamatan

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya