Tips & Trik

Apa Itu Engine Flush Mobil? Ketahui Ini Manfaatnya

PUBLISHED DATE : 28 Juli 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/SCROSS_(1).jpg

Engine flush adalah cairan yang biasanya digunakan pada pembersihan mesin mobil. Komponen ini mempunyai fungsi utama untuk membantu menghilangkan kotoran pada kerak oli dan bagian mobil lainnya. Di bawah ini Anda bisa mengetahui lebih lanjut terkait komponen tersebut.

Mengenal Pengertian Engine Flush Pada Mobil

Mobil yang sering digunakan pasti akan membuat komponen di dalamnya menjadi kotor pada kerak oli. Apabila Anda tidak segera membersihkannya, dikhawatirkan komponennya akan rusak dan harus diganti sehingga mengeluarkan biaya. Karena itu, dibutuhkan cairan untuk membersihkan kotoran-kotoran tersebut.

Selain itu, Anda pasti pernah mengalami yang namanya oil sludge bukan? Oil sludge adalah suatu kondisi di mana oli pada mesin mengalami perubahan bentuk dan warna menjadi kental kecoklatan seperti bubur. Karena itu, Anda membutuhkan cairan ini untuk membersihkannya.

Baca Juga : Fungsi Lampu Tanda Belok: Rangkaian & Komponennya

Cairan ini biasanya digunakan untuk membersihkan kotoran berupa endapan oli yang menempel pada mesin. Anda bisa menggunakan cairan ini secara berkala, tetapi jangan berlebihan karena hal itu dapat menyebabkan overheat dan penyumbatan pada saluran pelumas.

Anda bisa mengatur kapan waktunya memberi cairan ini agar komponen kendaraan bisa bekerja dengan baik dan menghasilkan performa yang maksimal. Misalnya ketika terjadi pengurasan oli yang jumlahnya tidak maksimal, Anda bisa menggunakan cairan ini. 

Fungsi Cairan Engine Flush Untuk Kendaraan

  • Membersihkan sisa kerak pada mesin usai oli dikuras

Fungsi engine flush mobil yang pertama adalah untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel pada bagian mesin ketika sedang melakukan pengurasan oli. Hal ini untuk melancarkan proses pelumasan pada mesin karena jika masih ada kerak akan lebih sulit.

  • Membuat komponen kendaraan memiliki performa yang baik

Baca Juga : Cara Mengetahui Kapan Mobil Harus ke Bengkel

Fungsi engine flush berikutnya adalah untuk membuat komponen pada kendaraan menghasilkan performa yang baik. Bayangkan jika kotoran-kotoran tersebut terus mengendap di bagian mesin, tentu kendaraan tidak akan bisa bekerja dengan baik. 

  • Menjaga suara mesin

Salah satu tanda bahwa mesin kendaraan Anda bisa bekerja dengan baik adalah menghasilkan suara yang halus. Akan tetapi jika mesin menghasilkan bunyi yang tidak biasa, itu salah satu tandanya harus diberi cairan flush.

  • Mesin lebih awet

Mesin yang dirawat dengan baik dengan pemberian cairan secara rutin pasti akan membuat umurnya panjang. Jika Anda tidak merawatnya dengan baik, jangan berharap mesin mobil bisa bertahan lama.

  • Melancarkan kinerja mobil

Baca Juga : Cara Pasang Kaca Film Mobil dengan Baik dan Benar

Bagaimanapun, mesin adalah salah satu komponen yang paling penting pada mobil. Adanya mesin ini akan membantu mobil bekerja dengan optimal, sehingga Anda akan mendapatkan kenyamanan ketika menggunakannya. 

  • Melindungi Mesin Dari Kerak

Fungsi lain dari engine flush adalah menghalangi endapan kotoran menempel pada bagian mesin. Cairan dengan bentuk kemasan ini akan membersihkan endapan pada mesin hingga bersih. Jadi ketika Anda menggunakan mobil, mesin akan tetap dalam kondisi bersih.

  • Menjaga Kompresi Mesin

Kompresi mesin adalah besarnya rasio volume yang dihasilkan selama proses pembakaran. Proses ini tidak akan terganggu apabila Anda rutin memberikan cairan untuk menghilangkan kotoran pada mesin. Selain itu, komponen lain seperti kring oil piston juga tidak akan mengalami kemacetan.

  • Membersihkan Karbon dan Sludge

Karbon dan sludge merupakan salah satu komponen lain yang terdapat pada mobil dan letaknya ada di ring piston. Selain bisa digunakan untuk membersihkan mesin, cairan ini juga dapat menghilangkan kotoran pada karbon dan sludge. 

Sebenarnya ada cairan lain yang bisa digunakan untuk membersihkan kerak kotoran pada mesin mobil, akan tetapi engine flush ini kualitasnya lebih bagus. 

Cara Kerja Cairan Pembersih Kerak Mesin

Untuk menggunakan cairan yang satu ini, Anda harus melakukan pergantian oli terlebih dahulu. Buka tutup lubang tempat pengisian oli kemudian masukkan cairan ini. Setelah itu, Anda bisa menyalakan mesin mobil. Kemudian diamkan kendaraan sebentar dalam posisi stasioner 5 sampai 10 menit. 

Hal ini dilakukan agar cairan tersebut bisa melakukan proses sirkulasi dengan baik. Setelah 10 menit, Anda bisa mematikan mesin dan buka lubang tempat pembuangan untuk mengeluarkan oli di dalamnya. Setelah tidak ada lagi oli yang menetes, Anda bisa menutup lubangnya.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya