Tips & Trik

Apa Itu BBNKB: Pengertian, Syarat dan Cara Menghitungnya

PUBLISHED DATE : 13 Juli 2021

Suzuki Smc2 (1)

Jika semua persyaratan sudah lengkap, maka Anda bisa datang ke Samsat sesuai dengan jam operasional. Luangkan waktu satu hari karena kemungkinan akan mengantri. 

Tata Cara Melakukan BBNKB

Kini saatnya Anda untuk melakukan proses balik nama ke Samsat terdekat sambil membawa kendaraan yang akan diurus surat-suratnya. Langkahnya sangat mudah yaitu sebagai berikut ini. 

  1. Datang ke Samsat terdekat sambil membawa semua persyaratan yang dibutuhkan dan uang. 
  2. Masuk ke antrian cek fisik dan menunggu petugas untuk mengecek nomor rangka mobil atau motor. 
  3. Sambil dicek Anda akan diberikan formulir dan mengisinya untuk dilampirkan bersama dengan semua persyaratannya. 
  4. Kemudian Anda bisa langsung mendaftar di loket BBNKB dengan menyerahkan semua persyaratannya. 
  5. Anda melakukan pembayaran sesuai dengan arahan yaitu di Loket Pembayaran dan akan mendapatkan resi. 
  6. Kendaraan akan dicek ulang kepemilikannya di Loket Progresif. 
  7. Kemudian Anda tinggal menunggu sampai proses selesai dan dipanggil untuk mendapatkan STNK baru yang sudah berganti nama kepemilikannya. 

Tahapan balik nama kendaraan sangat mudah dan sangat penting untuk dilakukan. Namun sayangnya masih banyak pemilik kendaraan yang belum melakukannya setelah membeli mobil atau motor bekas. 

Alasan biaya balik nama yang cukup tinggi sangat sering dijumpai, padahal jika tidak melakukannya Anda justru akan kerepotan sendiri jika sudah waktunya perpanjangan STNK. 

Bagaimana tidak, karena ketika hendak memperpanjang STNK atau membayar STNK tahunan dan lima tahunan Anda membutuhkan KTP pemilik aslinya. Tanpa KTP Anda akan kesulitan dan menambah biaya yang lebih besar lagi. 

Baca Juga : Fungsi Lampu Tembak Mobil dan Etika Menggunakannya

Selain itu perlu diingat bahwa objek dari pembayaran BBNKB adalah penyerahan kepemilikan kendaraan bermotor dan subjeknya bisa orang pribadi atau badan usaha. Jadi baik itu kendaraan pribadi atau untuk digunakan sebuah perusahaan, balik nama tetap wajib dilakukan. 

Jika Anda sudah merencanakan dengan matang untuk membeli kendaraan, bukan hanya biaya mobil atau motor saja yang harus diperhatikan. Tetapi kenali juga berapa jumlah biaya balik nama yang harus dikeluarkan. 

Ditambah juga berapa pajak tahunannya agar menyesuaikan dengan kemampuan. Pastikan Anda menyediakan biaya yang lebih supaya tidak kekurangan saat membayar di Samsat nanti. 

 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya