Tips & Trik

Apa Itu Aquaplaning? Ini Bahaya dan Tips Mencegahnya

PUBLISHED DATE : 21 Juni 2024

Aquaplanning

Salah satu upaya untuk mencegah terjadinya hydroplaning pada kendaraan yaitu terus memegang setir dengan posisi lurus. 

Pada saat Anda menemukan kondisi yang sulit, pastikan tangan tetap siap pada kemudi untuk mengendalikan kendaraan agar bisa menembus jalanan yang tergenang oleh air.

  • Lakukan Pengereman dengan Halus

Dalam kondisi jalanan tergenang, pastikan Anda melakukan pengereman dengan hati-hati. Pada saat melaju di atas jalanan yang licin, biasanya mobil perlu beberapa kali direm agar lajunya lebih stabil dan tidak mudah tergelincir. 

Namun, pengereman yang dilakukan harus benar. Hindari menginjak pedal rem terlalu dalam, usahakan untuk mengerem dengan lembut. Cara ini cukup efektif untuk membantu mobil melaju dengan stabil di jalanan yang basah.

Selain melakukan pengereman yang halus, pastikan Anda juga mengontrol pedal gas kendaraan. Dengan begitu, mobil dapat dikendalikan dengan baik sekalipun melaju di jalanan basah.

  • Injak Pedal Gas dengan Perlahan

Seperti yang sudah diketahui, selain mengendalikan pengereman Anda juga harus bijaksana dalam menginjak pedal gas. Usahakan untuk menginjak pedal gas secara perlahan dan lembut. 

Baca Juga : Ketahui Apa Itu Pemutihan Pajak

Pada saat mobil melalui jalanan yang tergenang air, akan lebih aman mengemudi dengan kecepatan rendah. Oleh karena itu, usahakan untuk mengatur kecepatan mobil sebaik mungkin agar terhindar dari aquaplaning

  • Periksa Kondisi Wiper 

Hal lainnya yang tidak kalah penting dilakukan yaitu memeriksa kondisi wiper. Pastikan komponen ini dapat bekerja dengan baik pada saat Anda berkendara dalam kondisi hujan. 

Pasalnya, komponen ini yang akan membantu Anda melihat kondisi jalanan dengan lebih jelas. Terlebih jika sedang turun hujan deras, karena kaca mobil akan tertutup oleh tetesan air hujan. 

Oleh karena itu, Anda perlu memastikan wiper dapat bekerja dengan baik demi mencegah kehilangan kendali saat berkendara.

Dengan memahami dan mewaspadai bahaya aquaplaning, pengemudi dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat untuk memastikan keselamatan di jalan. 

Jangan lupa melakukan perawatan rutin pada kendaraan agar performanya terjaga. Berikut Tips Perawatan Mobil Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya