Tips & Trik

Buat Yang Belum Tahu, Simak Cara Over Kredit Mobil

PUBLISHED DATE : 21 Mei 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Xl7_(1)_(1).jpg

Saat ini kendaraan roda 4 seperti mobil sudah banyak menjadi incaran kaum urban. Proses pembeliannya sendiri juga sekarang sangatlah mudah, Anda bisa membayarnya secara tunai maupun dengan cara over kredit mobil.

Beberapa orang lebih memilih untuk membeli mobil dengan cara yang kedua. Apakah Anda termasuk salah satunya? Jika iya, Anda perlu mengetahui bagaimana cara melakukan transaksinya dengan benar. Untuk lebih jelasnya lagi simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Over Kredit Mobil

Sebelum beranjak ke penjelasan selanjutnya, apakah Anda tahu definisi dari over kredit mobil itu sendiri? Pada dasarnya, sistem ini sangat menguntungkan bagi yang menggunakannya. Dalam sistem ini, Anda bisa melanjutkan cicilan mobil orang lain. 

Baca Juga : Efek Buruk Rem Parkir Jika Aktif Terlalu Lama

Namun meski terlihat gampang, Anda harus tetap waspada terhadap sistem tersebut. Terlebih dahulu, Anda harus mengetahui konsekuensi yang akan dihadapi nantinya.

Perlu digaris bawahi bahwa ketika Anda memutuskan untuk membeli mobil dengan sistem ini, maka akibat yang bisa saja terjadi yaitu batalnya asuransi kendaraan. 

Mungkin kebanyakan orang juga masih berpikiran bahwa proses dari over kredit mobil hanya sebatas melanjutkan cicilan maupun menyambung asuransi saja. Namun ternyata tidak demikian, sebab mobil tersebut bisa gugur asuransinya.  

Baca Juga : Ternyata Ini Fungsi Lampu Hazard Si Segitiga Merah

Penyebab gugurnya asuransi ini bisa terjadi karena perjanjian antara pembeli dengan pihak leasing. Isi dari perjanjian tersebut secara otomatis mengandung nama pemilik dari pembeli utama. 

Pihak asuransi pun akan membatalkan proses jual beli tadi karena tidak ada kaitan perjanjian dengan pembeli kedua. Sehingga ketika mobil sudah berganti kepemilikan dan mengalami kerusakan, pihak asuransi pasti akan menolak asuransi milik pembeli kedua.  

Perlu diketahui juga bahwa proses untuk penggantian kepemilikan nama asuransi dalam hal tersebut juga berbeda. Saat proses membuat asuransi, ternyata tidak secara otomatis langsung berganti pada pemilik yang baru. 

Baca Juga : Mobil Jarang Digunakan Lebih Awet, Benarkah?

Pihak asuransi sendiri juga tidak mempunyai hubungan dan tanggung jawab sama sekali terhadap calon pemilik yang baru saat melakukan klaim. Namun sebenarnya konsekuensi ini bukanlah suatu kerugian yang besar. 

Meski demikian Anda juga harus mengetahuinya,  mengingat Anda tidak hanya meneruskan kredit mobil milik orang lain saja. Di sini Anda juga harus mengeluarkan biaya asuransi yang baru.

Xl7__2_

Bagaimana Cara Over Kredit Mobil ?

Lalu bagaimana cara melakukan proses ini dengan benar? Apa saja pula yang harus diperhatikan? Silahkan simak ulasannya di bawah ini!

  • Melakukan Kerjasama Dengan Pihak Leasing Atau Cabang Bank Terdekat

Salah satu cara paling aman yang bisa Anda lakukan yaitu dengan bekerjasama melalui pihak leasing atau bank. Caranya sendiri sangat mudah. Anda hanya tinggal menghubungi cabang bank terdekat atau pihak leasing terlebih dahulu. 

Jika sudah, nantinya pihak leasing maupun bank tersebut akan melakukan analisa terhadap keadaan finansial Anda. 

Apabila Anda melakukan kerjasama dengan salah satu dari pihak ini, maka kemungkinan besar kasus penipuan tidak akan terjadi. Berkat mengandalkan analisis dari salah satu pihak yang terpercaya tersebut, Anda bisa membeli mobil dengan aman pastinya. 

Beda halnya ketika analisis dari pihak tersebut menunjukkan bahwa keadaan finansial yang Anda miliki ternyata tidak memungkinkan. Tentu saja pengajuan Anda akan ditolak secara otomatis. 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya