Tips & Trik

Tips Perawatan Mobil Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

PUBLISHED DATE : 04 September 2023

Perawatan Mobil Agar Tidak Cepat Rusak

Mobil digunakan untuk berkendara sehari-hari atau bahkan yang jarang digunakan harus tetap dirawat. Tujuannya agar performa mobil terutama mesinnya tetap terjaga dengan baik. Tips perawatan mobil harus diperhatikan dan diterapkan oleh setiap pemilik mobil.

Perawatan mobil ada yang harus dilakukan setiap hari, tetapi ada pula jenis perawatan yang bisa dilakukan setiap bulan atau dalam jangka waktu periode tertentu.

Memangnya, apa saja yang harus dilakukan untuk merawat mobil? Tips perawatan mobil manual maupun matic ada di sini!

Tips Perawatan Mobil dengan Tepat

Perawatan mobil harus dilakukan dengan tepat untuk menjaga performa kendaraan dan membuatnya tidak mudah mengalami kerusakan. Berikut ini beberapa tips dan cara yang bisa dilakukan dalam perawatan mobil, yaitu:

1. Rutin Menyalakan atau Memanaskan Mesin Mobil

Cara merawat mobil untuk pemula yang paling wajib dilakukan adalah rutin memanaskan mesin. Tindakan ini juga tetap perlu dilakukan minimal 3 kali dalam satu minggu meskipun mobil jarang digunakan.

Lebih baik lagi jika menyalakan mesin mobil setiap harinya kurang lebih selama 1 menit. Anda bisa memposisikan transmisi mobil di posisi netral tanpa menghidupkan pendingin/ AC.

Memanaskan mobil secara rutin dapat menjaga kualitas oli. Selain itu, oli dalam mobil juga tidak akan mengendap dan tetap melumasi setiap komponen mesin dengan baik. Mesin mobil pun tidak akan cepat mengalami kerusakan.

2. Memeriksa dan Lakukan Penggantian Oli

Perawatan rutin lainnya yang harus dilakukan adalah mengganti oli mesin mobil. Kenapa harus ganti oli mesin mobil? Tujuannya agar mesin atau komponen mobil lainnya dapat bekerja dengan lebih baik, sehingga performa mobil pun tetap optimal.

Oli pada mesin mobil sebaiknya diganti secara rutin setiap mobil sudah menempuh jarak 10.000 km. Anda juga bisa mengganti oli mesin mobil setiap enam bulan sekali menggunakan jenis oli berkualitas sesuai rekomendasi pabrikan.

 

3. Cek Kondisi Cairan dalam Mobil

Apa saja perawatan rutin mobil? Selain memeriksa kondisi oli, coba cek kondisi cairan lainnya di dalam mobil secara rutin. Misalnya, air radiator, minyak rem, reservoir tank, air wiper, dan lainnya. Pastikan semua cairan terisi sesuai standar yang sudah ditentukan.

Air radiator harus dalam kondisi yang cukup sesuai standar untuk membantu menjaga suhu mesin mobil. Jika air radiator kurang atau bahkan kering, maka mesin mobil bisa overheat dan bahkan membuat mobil mati mendadak ketika berkendara.

4. Melakukan Pemeriksaan Sistem Rem

Tips perawatan mobil matic maupun manual lainnya yang wajib dilakukan adalah memeriksa sistem rem. Pastikan sistem rem mobil bekerja dengan optimal demi keamanan ketika berkendara. Selain itu, cek juga kondisi minyak rem pada mobil.

5. Merawat Ban Mobil

Bagaimana cara merawat mobil manual? Jenis perawatan lainnya yang harus dilakukan pada mobil manual maupun matic adalah memeriksa dan merawat ban. Pastikan untuk memeriksa tekanan angin di dalam ban mobil. Tujuannya agar berkendara terasa lebih nyaman dan aman.

Baca Juga : Pentingnya Mengatur Suhu AC Mobil saat Berkendara di Malam Hari

Selain itu, tekanan angin pada ban yang selalu dijaga juga menjadi salah satu faktor yang membuat ban tetap awet.

Pastikan juga ketebalan telapak ban tetap sesuai standar Tread Wear Indicator (TWI). Kondisi ketebalan telapak ban sangat berpengaruh pada daya cengkram ban mobil.

6. Memastikan Bahan Bakar Tidak Kosong

Perawatan pada mobil juga bisa dilakukan dengan memastikan tangki bahan bakar selalu penuh. Tujuannya agar tidak ada ruang tempat udara masuk ke dalam tangki. Mobil yang didiamkan lama dengan kondisi banyak udara di dalam tangki bensin dapat menyebabkan embun.

Kondisi seperti itu bisa memicu timbulnya karat dalam tangki bahan bakar mobil. Parahnya lagi, tangki bahan bakar mobil yang berkarat bisa memicu kebocoran.

7. Cek Aki

cek aki

Sumber: Pexels

Bagaimana cara merawat mesin mobil? Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memeriksa kondisi aki mobil dan menjaga performanya dengan baik. Anda juga harus memperhatikan kebersihan aki terutama dari serbuk putih yang berasal dari uap cairan aki.

8. Pemeriksaan Filter Udara

Filter udara pada mobil juga harus dirawat dengan cara rutin membersihkannya. Anda bisa membersihkannya menggunakan kompresor jika filter terbuat dari bahan kertas dan menggunakan kain sedikit basah pada filter udara berbahan stainless.

Filter udara yang bersih berpengaruh pada performa mobil dan juga efisiensi penggunaan bahan bakar.

9. Lakukan Service Mobil secara Rutin

Cara merawat mobil jarang dipakai maupun sering digunakan berkendara adalah melakukan service mobil secara rutin. Service mobil sangat penting dilakukan untuk memeriksa seluruh kondisi dan performa kendaraan.

Selain itu, service mobil rutin juga membuat Anda bisa mengetahui keadaan mobil secara keseluruhan, sehingga cepat tanggap ketika memang ada bagian yang harus diperbaiki atau bahkan diganti.

Cara merawat mesin mobil yang paling baik memang melakukan service di bengkel mobil terpercaya. Selain itu, Anda juga bisa mempelajari tips dan trik otomotif terbaik yang bisa digunakan dalam perawatan mobil.

Saran Perawatan Eksterior dan Interior Mobil

Tips perawatan mobil bukan hanya berlaku untuk bagian mesin saja, tetapi Anda juga harus melakukan perawatan pada bagian eksterior dan interior. Apa saja yang bisa dilakukan? Berikut ini beberapa tips dan saran untuk merawat bagian eksterior dan interior mobil, yaitu:

1. Membersihkan Mobil Setiap Hari

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya