Tips & Trik

Seperti Ini Teknik Mengerem Mendadak Tanpa Ngesot

PUBLISHED DATE : 21 Mei 2018

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Seperti_Ini_Teknik_Mengerem_Mendadak_Tanpa_Ngesot.png

Selama berkendara Anda dituntut untuk selalu waspada dengan keadaan sekitar. Pasalnya, banyak yang tidak terduga bisa terjadi, dari mulai anak-anak yang tiba-tiba saja nyelonong masuk ke jalan, pengguna jalan yang tiba-tiba berbelok, berhenti dan sederet kondisi tidak terduga lainnya.

Untuk mencegah hal itu terjadi, hal penting yang harus dilakukan adalah, tetap fokus (konsentrasi) pada jalanan yang akan dituju. Selain itu, Anda pun wajib membekali sepeda motor dengan sistem pengereman yang memadai, dan ban harus dalam kondisi terbaik.

Kuasai Teknik Pengereman

Baca Juga : Special Service Tool: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Selain fisik yang prima, konsentrasi dan kondisi motor yang maksimal, Anda pun wajib menguasai teknik pengereman yang baik. Pasalnya, saat harus melakukan pengereman darurat, kebanyakan orang cenderung panik hingga asal tekan rem. Akibatnya, motor jadi ngesot dan sulit dikendalikan.

Agar hal tersebut tidak terjadi, Johanes Lucky, chief instructor safety riding, menjelaskan jika Anda wajib menguasai trik pengereman mendadak.

Caranya mudah, pertama tutup gas dengan cepat, dan tarik rem depan hingga penuh. Dalam jeda sepersekian detik, Anda langsung tekan rem belakang hingga penuh. Dalam kondisi ini, pastikan kondisi motor dan posisi ban sedang lurus, tidak sedang berbelok atau akan belok.

Baca Juga : Keunggulan Motor Terbaru Suzuki Menurut Duo Pembalap Suzuki Ecstar

Inilah alasan kenapa Johanes melarang Anda membiasakan kedua jari nempel di tuas rem depan saat sedang berkendara. Pasalnya, saat melakukan pengereman, otomatis rem depan akan langsung dipencet, sementara tus gas masih menyala. Tentu saja ini tidak akan efektif, dan menyebabkan ngesot.

Mengenai panik ketika pengereman mendadak, Johanes melanjutkan jika teknik pengereman ini harus dilatih dan dibiasakan. Caranya, Anda bisa melatih trik pengereman ini di jalanan sepi, dan posisikan seolah-olah Anda berada dalam kondisi darurat dan harus segera melakukan pengerman mendadak.

Jika terus dilatih, lama kelamaan Anda akan terbiasa. Saat kondisi darurat sesungguhnya terjadi, Anda sudah siap dan bisa mengatasinya dengan baik. Kalaupun terjadi kepanikan, refleks Anda akan menuntun untuk melakukan pengereman seperti yang sudah biasa dilatih.

Baca Juga : Penyebab Transmisi Matic Jadi Kasar Setelah Digunakan Perjalanan Jauh

Intinya, teruslah berlatih dan berkendaralah dengan baik. Selain itu, pastikan Anda menggunakan perlengkapan keselamatan yang memadai. Selamat mencoba!

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya