Tips & Trik

Begini Posisi Ban yang Benar Saat Parkir di Turunan atau Tanjakan

PUBLISHED DATE : 21 Agustus 2018

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Begini_Posisi_Ban_yang_Benar_Saat_Parkir_di_Turunan_atau_Tanjakan.png

Mungkin banyak dari Anda yang belum tahu bahwa posisi ban yang benar saat parkir di turunan atau tanjakan itu sangat penting. Kalau biasanya kita memarkirkan mobil dengan posisi ban lurus kedepan sesuai dengan setir, tapi untuk saat parkir di turunan atau tanjakan posisi ban yang lurus ke depan sangat tidak disarankan.

Lalu, posisi ban seperti apa yang benar?

Saat akan memarkirkan mobil di jalanan turunan ataupun tanjakan, posisi ban yang disarankan adalah sedikit di belokkan ke kiri maupun ke kanan. Jika Anda memarkirkan mobil di jalanan turunan, maka posisi ban yang paling disarankan adalah membelokkan posisi ban depan ke trotoar yang ada di sebelah kiri bodi mobil.

Baca Juga : Beli Motor Secara Kredit? Ini yang Harus Kamu Perhatikan

Dengan posisi ban depan seperti ini, cengkraman ban akan lebih maksimal dan kemungkinan mobil nyelonong bisa diminimalisir. Sebaliknya, jika Anda memarkirkan mobil di jalanan yang menanjak, agar aman dan risiko nyelonong sendiri bisa diminimalir, membelokkan sedikit posisi ban bagian depan berlawanan dari sisi trotoar sangat disarankan.

Posisi ban yang disarankan di atas ketika ingin parkir di tanjakan atau turunan akan lebih maksimal keamanannya jika kendaraan Anda dilengkapi dengan fitur Hill Hold Control seperti yang ada di All New Ertiga.

Apakah  Hill Hold Control itu?

Baca Juga : Ini Risiko Memakai Kompresor Saat Mengganti Oli

Hill Hold Control (HHC) akan menahan kendaraan tidak meluncur di tanjakan atau turunan. Saat menanjak atau menurun dari posisi diam, fitur ini akan memberi jeda sekitar 2 detik supaya kaki pengemudi bisa melepaskan rem kemudian pindah ke tuas gas, sehingga mobil tidak akan langsung meluncur turun. Fitur Hill Hold Control (HHC) ini bisa Anda lihat di varian tertinggi All New Ertiga, GX transmisi otomatis.

Penasaran dengan fitur Hill Hold Control (HHC) yang ada di All New Ertiga? Cek saja ke dealer Suzuki terdekat!

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya