Tips & Trik

8 Komponen Sistem Pendinginan Mobil dan Cara Kerjanya

PUBLISHED DATE : 28 Januari 2021

SX4 S Cross

 

  • Pompa air

 

Pompa air atau water pump berfungsi untuk menghantarkan sirkulasi air dari lower tank pada radiator ke mesin. Pengaliran kembali ini bertujuan agar air radiator kembali menjalankan fungsinya untuk mendinginkan mesin.

Cara kerja komponen ini menyesuaikan dengan putaran mesin. Hal ini disebabkan oleh pulley pada komponen ini yang tersambung dengan V-Belt, dimana V-Belt merupakan penghubung komponen pompa air dengan mesin.

Komponen ini hanya dilumasi oleh air saja, sehingga seal komponen ini cepat aus karena kurangnya pelumas. Kerusakan ini sulit dideteksi karena apabila seal sudah aus, air yang menetes ke bawah mengenai mesin dan hilang begitu saja, menguap terkena panas.

Jika Anda merasa air radiator Anda cepat habis, bisa jadi kebocoran tersebut yang terjadi. Untuk mengatasinya, Anda harus mengganti pompa air atau water pump agar proses pendinginan mesin Anda kembali berjalan lancar.

  • Thermostat

Komponen yang bekerja pada sistem pendinginan lainnya adalah thermostat. Komponen ini berfungsi untuk mengatur sirkulasi air pendingin mesin. Terdapat dua jenis thermostat, yaitu thermostat dengan katup by pass dan tanpa katup by pass.

Thermostat akan bekerja hanya pada saat panas mesin telah mencapai panas tertentu. Apabila panas mesin kendaraan belum mencapai suhu kerja thermostat, maka komponen ini berfungsi untuk menjaga air agar tidak melakukan sirkulasi.

Kemudian, begitu mesin telah mencapai pada suhu kerja thermostat, komponen ini secara otomatis membuka salurannya. Dengan demikian, cairan pendingin mesin bisa melakukan sirkulasi lalu mengaliri radiator.

 

  • Kipas Radiator

Baca Juga : Komponen Sistem Starter Mobil: Cara Kerja dan Fungsinya

 

Radiator fan atau kipas radiator merupakan suatu komponen yang berfungsi untuk memberi aliran udara pada radiator. Aliran udara ini dibutuhkan dalam proses pendinginan air atau cairan dalam radiator. Berbeda dengan kipas pada umumnya, kipas radiator tidak meniupkan udara, tapi menyerapnya.

Kipas radiator bekerja dengan menghisap udara dari radiator. Udara tersebut kemudian dihembuskan ke arah mesin. Udara dingin yang dihasilkan dialirkan melalui kisi-kisi radiator terutama ketika mobil berhenti.

Kipas radiator terletak di belakang radiator. Bagian radiator berupa poros engkol dengan v-beltnya bertugas untuk menggerakkan kipas ini.

Ada dua macam kipas radiator, yaitu kipas radiator yang digerakkan mesin dan yang digerakkan dengan motor listrik. Jenis kipas radiator yang digerakkan dengan motor listrik lebih sering ditemui pada kendaraan keluaran terkini.

Jenis kipas tersebut dipilih karena bekerja berdasarkan sensor pada saluran air pendingin. Apabila komponen ini menerima sensor naiknya suhu air pendingin sampai batas temperatur tertentu, maka kipas radiator baru bergerak menjalankan tugasnya.

Sedangkan kipas radiator yang digerakkan dengan mesin akan terus bekerja ketika mesin kendaraan dinyalakan. Dengan demikian, penggunaan komponen ini tidak banyak menggunakan arus listrik.



mobil_sx4(1)

 

  • Radiator cap

 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya