Tips & Trik

7 Cara Merawat Kapal Agar Awet dan Tahan Lama

PUBLISHED DATE : 23 Mei 2023

Merawat Kapal

Perawatan yang baik akan memperpanjang umur kapal, memungkinkan Anda untuk menggunakannya lebih lama.

Bagian Kapal yang Harus Dibersihkan Secara Berkala

Beberapa bagian kapal memerlukan pembersihan dan perawatan lebih sering daripada bagian lainnya:

  • Lambung Kapal

Lambung adalah bagian bawah kapal yang terendam di dalam air. Karena itu, lambung rentan terhadap pertumbuhan alga, kerak, atau organisme laut lainnya.

Bersihkan dan cuci lambung secara teratur untuk menghindari penumpukan dan pertumbuhan yang dapat mempengaruhi kinerja kapal.

  • Dek Kapal

Dek adalah bagian atas kapal yang menjadi area berjalan dan bekerja. Bagian ini mudah terpapar debu, kotoran, dan kontaminan lainnya.

Pastikan untuk membersihkan dek secara teratur dengan membersihkan debu, membasuh kotoran, dan menghilangkan noda yang mungkin terjadi.

  • Superstruktur

Superstruktur adalah bagian atas kapal yang meliputi kabin, tangga, atap, dan area lainnya. 

Bagian ini juga membutuhkan perawatan pembersihan secara rutin untuk menghilangkan debu, kotoran, atau noda yang dapat mengganggu penampilan dan kenyamanan pengguna kapal.

  • Mesin dan Ruang Mesin

Baca Juga : Modifikasi Mobil Suzuki Jimny Baru Agar Semakin Gagah

Mesin kapal adalah jantung yang menjalankan kapal. Pastikan untuk membersihkan mesin dan ruang mesin secara teratur untuk menghilangkan kotoran, debu, atau minyak yang dapat mempengaruhi kinerja dan umur mesin.

Lakukan pembersihan yang tepat dan perhatikan peraturan kebersihan dan keamanan saat membersihkan area mesin.

  • Sistem Pendingin dan Saluran Air

Sistem pendingin dan saluran air di kapal perlu dibersihkan untuk mencegah penumpukan kerak, korosi, atau penyumbatan yang dapat mengganggu aliran air dan mengurangi efisiensi sistem.

Bersihkan dan lakukan pemeliharaan teratur pada sistem ini untuk menjaga kinerja yang optimal.

Perawatan kapal adalah tugas yang membutuhkan komitmen dan dedikasi. Namun, upaya ini akan memberikan hasil yang bermanfaat dalam jangka panjang.

Kapal yang dirawat dengan baik tidak hanya akan memberikan kinerja yang lebih aman, tetapi juga akan lebih hemat biaya operasional dan perbaikan. Dengan demikian, perawatan kapal adalah investasi yang berharga dalam operasi kapal yang sukses dan efisien.

Apabila Anda mengalami kendala dalam merawat kapal atau mesinnya, jangan ragu untuk menghubungi Halo Suzuki. Dan jika Anda ingin melihat mesin kapal tempel terbaik bisa kunjungi website resmi Suzuki

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya