Tips & Trik

7 Cara Merawat Kapal Agar Awet dan Tahan Lama

PUBLISHED DATE : 23 Mei 2023

Merawat Kapal

Sebagai operator kapal, merawat kapal merupakan bagian penting dari tanggung jawab Anda. Kapal yang dirawat dengan baik bukan hanya beroperasi lebih efisien, tetapi juga lebih aman dan memiliki umur panjang.

Perawatan kapal melibatkan berbagai macam aktivitas, mulai dari pemeriksaan rutin dan pembersihan hingga perbaikan dan pemeliharaan peralatan penting.

Jika ditemukan masalah, penting untuk segera menanganinya agar tidak berkembang menjadi kerusakan yang lebih parah dan dapat menghambat operasi kapal, serta menimbulkan risiko keselamatan Anda.

7 Cara Merawat Kapal

Perawatan kapal bukanlah tugas yang sepele. Memerlukan ketelitian, pengetahuan, dan komitmen. Berikut tujuh cara yang harus diperhatikan:

1. Pemeriksaan Rutin

Pemeriksaan rutin adalah bagian penting dari perawatan kapal. Hal ini memastikan bahwa semua sistem berfungsi dengan baik dan memungkinkan deteksi dini dari potensi masalah.

Ini harus mencakup pemeriksaan visual dari struktur kapal, pengecekan peralatan keselamatan, dan pemeriksaan mesin dan sistem lainnya.

2. Pelumasan yang Tepat

Mesin kapal, seperti mesin lainnya, memerlukan pelumasan yang tepat untuk beroperasi dengan lancar. Pelumas membantu mencegah gesekan antar komponen mesin, yang dapat menyebabkan keausan dan kerusakan prematur.

3. Pembersihan Rutin

Kapal yang beroperasi di lingkungan laut sering kali terpapar oleh garam, lumut, dan organisme lain yang bisa merusak kapal. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan kapal secara teratur, terutama bagian yang sering terkena air seperti lambung.

4. Pemeliharaan Cat

Cat kapal tidak hanya berfungsi estetika, tetapi juga melindungi struktur kapal dari korosi. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa lapisan cat tetap utuh dan bebas dari kerusakan.

Selain itu, Anda bisa menggunakan bahan yang tahan air dan karat dan melapisi bagian kapal lain agar terhindar dari korosi.

5. Pemeriksaan Mesin

Mesin adalah jantung kapal, dan tanpa itu, kapal tidak akan bisa beroperasi. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa mesin secara teratur dan melakukan perbaikan apa pun yang diperlukan.

6. Pemeliharaan Sistem Navigasi dan Komunikasi

Baca Juga : Bahaya Menambahkan Kursi Tambahan di Motor untuk Anak

Sistem navigasi dan komunikasi sangat krusial untuk operasi kapal yang aman. Peralatan ini harus diperiksa secara rutin untuk memastikan bahwa mereka berfungsi dengan baik.

7. Penggunaan Alat Pelindung dan Peralatan Keselamatan

Alat pelindung dan peralatan keselamatan berperan dalam menjaga keselamatan awak kapal ketika hendak merawat kapal. Peralatan harus selalu dalam kondisi baik dan mudah diakses.

Jenis Perawatan untuk Kapal

Perawatan kapal terdiri dari 4 jenis berbeda berdasarkan waktu operasional dan jenis kerusakan dadakan.

  • Preventive Maintenance (Perawatan Pencegahan)

Perawatan ini dilakukan secara rutin dan terjadwal untuk mencegah kerusakan atau kegagalan yang tidak diinginkan pada kapal.

Perawatan pencegahan melibatkan pembersihan, pelumasan, pemeriksaan rutin, penggantian suku cadang yang aus, dan perawatan sistem secara berkala.

Tujuan utamanya adalah mempertahankan kondisi yang baik, mengidentifikasi masalah potensial, dan mencegah kerusakan yang lebih serius di masa depan.

  • Predictive Maintenance (Perawatan Prediktif)

Ini adalah jenis merawat kapal yang dilakukan berdasarkan analisis data dan pemantauan untuk memprediksi kemungkinan kegagalan atau kerusakan pada kapal.

Dengan menggunakan teknik pemantauan seperti sensor, pemantauan kinerja, atau analisis getaran, perawatan prediktif dapat memberikan informasi tentang kondisi komponen yang memerlukan perbaikan sebelum terjadi kerusakan signifikan.

  • Corrective Maintenance (Perawatan Korektif)

Perawatan korektif bertujuan untuk memperbaiki kerusakan yang telah terjadi dan mengembalikan kapal ke kondisi operasional. 

Perawatan ini melibatkan perbaikan, penggantian suku cadang yang rusak, atau tindakan korektif lainnya untuk memulihkan fungsi dan kinerja sistem yang terpengaruh.

membersihkan kapal

Sumber: freepik

  • Breakdown Maintenance (Perawatan Darurat)

Perawatan darurat dilakukan untuk mengatasi situasi darurat dan memulihkan kapal ke kondisi operasional sesegera mungkin. 

Tindakan perawatan ini biasanya tidak terencana. Perawatan dapat melibatkan perbaikan sementara atau penggantian komponen yang rusak dengan tujuan untuk memulihkan kapal dengan waktu henti yang minimal.

Pentingnya Merawat Kapal Secara Berkala

Perawatan kapal secara berkala adalah hal yang sangat penting dalam memastikan keselamatan dan efisiensi operasi.

  • Meningkatkan Keselamatan

Salah satu alasan terpenting mengapa perawatan kapal sangat penting adalah karena dapat meningkatkan keselamatan kapal. 

Sebuah kapal yang tidak dirawat dengan baik dapat menimbulkan banyak risiko keselamatan, termasuk kegagalan mesin, kerusakan struktural, atau bahkan kebocoran yang bisa berakibat fatal.

  • Meningkatkan Efisiensi

Perawatan kapal juga bisa membantu meningkatkan efisiensi operasional. Misalnya, mesin yang dirawat dengan baik akan berjalan lebih lancar dan lebih efisien.

Lambung yang bersih dan bebas dari tumbuhan laut atau kerang-kerangan akan mengurangi hambatan dan meningkatkan kecepatan kapal.

  • Mengurangi Biaya Perbaikan

Meski mungkin tampak seolah-olah perawatan kapal adalah biaya tambahan, kenyataannya adalah bahwa perawatan dapat membantu menghemat uang dalam jangka panjang.

Dengan melakukan perawatan secara berkala, Anda bisa mendeteksi dan mengatasi masalah sebelum mereka berubah menjadi kerusakan besar yang membutuhkan perbaikan mahal.

  • Memperpanjang Umur Kapal

Kapal adalah investasi besar, dan seperti investasi lainnya, Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari kapal Anda. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan merawat kapal secara berkala.

Perawatan yang baik akan memperpanjang umur kapal, memungkinkan Anda untuk menggunakannya lebih lama.

Bagian Kapal yang Harus Dibersihkan Secara Berkala

Beberapa bagian kapal memerlukan pembersihan dan perawatan lebih sering daripada bagian lainnya:

  • Lambung Kapal

Baca Juga : Menggunakan Motor Matic di Tanjakan? Siapa Takut!

Lambung adalah bagian bawah kapal yang terendam di dalam air. Karena itu, lambung rentan terhadap pertumbuhan alga, kerak, atau organisme laut lainnya.

Bersihkan dan cuci lambung secara teratur untuk menghindari penumpukan dan pertumbuhan yang dapat mempengaruhi kinerja kapal.

  • Dek Kapal

Dek adalah bagian atas kapal yang menjadi area berjalan dan bekerja. Bagian ini mudah terpapar debu, kotoran, dan kontaminan lainnya.

Pastikan untuk membersihkan dek secara teratur dengan membersihkan debu, membasuh kotoran, dan menghilangkan noda yang mungkin terjadi.

  • Superstruktur

Superstruktur adalah bagian atas kapal yang meliputi kabin, tangga, atap, dan area lainnya. 

Bagian ini juga membutuhkan perawatan pembersihan secara rutin untuk menghilangkan debu, kotoran, atau noda yang dapat mengganggu penampilan dan kenyamanan pengguna kapal.

  • Mesin dan Ruang Mesin

Mesin kapal adalah jantung yang menjalankan kapal. Pastikan untuk membersihkan mesin dan ruang mesin secara teratur untuk menghilangkan kotoran, debu, atau minyak yang dapat mempengaruhi kinerja dan umur mesin.

Lakukan pembersihan yang tepat dan perhatikan peraturan kebersihan dan keamanan saat membersihkan area mesin.

  • Sistem Pendingin dan Saluran Air

Sistem pendingin dan saluran air di kapal perlu dibersihkan untuk mencegah penumpukan kerak, korosi, atau penyumbatan yang dapat mengganggu aliran air dan mengurangi efisiensi sistem.

Bersihkan dan lakukan pemeliharaan teratur pada sistem ini untuk menjaga kinerja yang optimal.

Perawatan kapal adalah tugas yang membutuhkan komitmen dan dedikasi. Namun, upaya ini akan memberikan hasil yang bermanfaat dalam jangka panjang.

Kapal yang dirawat dengan baik tidak hanya akan memberikan kinerja yang lebih aman, tetapi juga akan lebih hemat biaya operasional dan perbaikan. Dengan demikian, perawatan kapal adalah investasi yang berharga dalam operasi kapal yang sukses dan efisien.

Apabila Anda mengalami kendala dalam merawat kapal atau mesinnya, jangan ragu untuk menghubungi Halo Suzuki. Dan jika Anda ingin melihat mesin kapal tempel terbaik bisa kunjungi website resmi Suzuki

Berita Lainnya