Tips & Trik

Kebiasaan Buruk Saat Mengemudi Mobil Ini Bikin Boros Bensin

PUBLISHED DATE : 15 November 2018

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Kebiasaan_Buruk_Saat_Mengemudi_Mobil_Ini_Bikin_Boros_Bensin.jpg

Faktor utama yang dipertimbangkan sebelum membeli mobil yaitu konsumsi bahan bakar. Apalagi bagi konsumen dengan kendaraan yang harganya yang sangat tinggi. Alasannya, mereka tidak ingin terjebak dengan biaya operasional yang terlalu tinggi. Anehnya, mayoritas pemilik mobil dengan harga segitu, justru mempunyai kebiasaan berkendara yang membuat bahan bakar tidak hemat. Percuma saja memiliki mobil yang irit BBM, jika cara Anda membawanya boros.

Nah, dalam artikel kali ini akan diulas mengenai kebiasaan berkendara yang wajib diubah untuk menghemat konsumsi bahan bakar mobil.

Berpindah-pindah Jalur

Baca Juga : Safety First, Mari Mengenal Macam-macam Pelampung

Terjebak kemacetan di jalan raya memang sangat menyebalkan. Masalahnya, hal ini menjadi makanan sehari-hari bagi orang-orang yang tinggal di kota besar.  Sehingga, Anda pasti tergoda untuk pindah jalur dengan harapan memotong antrean, padahal kenyataannya, Anda sedang membakar lebih banyak BBM. Sekaligus mengeluarkan usaha lebih dan memangkas waktu tempuh sangat sedikit, bahkan cenderung tidak sama sekali.

Mengangkut Penumpang Melebihi Kapasitas

Tidak jarang mobil digunakan untuk membawa 9 hingga 10 penumpang sekalipun. Biasanya, mobil jenis ini dimodifikasi khusus oleh pemiliknya, ditujukan sebagai kendaraan angkutan umum. Belum lagi banyaknya barang bawaan. Jadi intinya, semakin berat beban yang harus ditanggung mesin, semakin haus mesin untuk meminum bahan bakar.

Baca Juga : Tips Merawat Mobil Ertiga Kesayangan Anda

Tekanan Angin Ban Kurang

Faktanya, banyak jalanan di Indonesia yang memang kurang mulus, bahkan cenderung berlubang. Sehingga, kinerja ban jauh lebih berat dibanding dengan jalanan mulus. Dikombinasikan dengan friksi yang dialami ban ketika berkendara, tekanan angin di dalam ban bisa berkurang. Ban dengan tekanan angin yang kurang, bisa memberi efek negatif pada kenyamanan kemudi dan pastinya konsumsi bahan bakar minyak.

Perhatikan dan jaga tekanan angin pada ban yang sesuai dengan rekomendasi manufaktur. Cek tekanan angin pada ban setiap minggu. Jika memang ban kurang angin, bisa segera mengisinya. Saat ini, hampir setiap pompa bensin melengkapi dengan stasiun pengisian angin ataupun nitrogen.

Baca Juga : 5 Alasan Mengapa Mesin Perahu Tempel Suzuki Layak Jadi Andalan

Itulah ulasan tentang kebiasaan buruk saat mengemudi mobil yang membuat boros bensin. Siapa yang tidak ingin BBM nya hemat? Pastinya tidak ada kan? Maka dari itu, hindari kebiasaan-kebiasaan di atas. Semoga artikel ini bermanfaat.

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya