Tips & Trik

5 Penyebab Lampu Indikator Engine Menyala

PUBLISHED DATE : 25 April 2023

Lampu Indikator Engine Mobil Menyala

Berikut adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan lampu indikator engine menyala:

 

  • Tutup Bensin Belum Tertutup Rapat

 

Penyebab pertama dari lampu engine mobil yang menyala yaitu tutup bensin yang belum tertutup rapat atau kurang pas.

Mungkin masalah ini terkesan sepele, tetapi tutup bensin yang kurang rapat bisa menyebabkan kesalahan yang fatal. Hal itu bisa menyebabkan kebakaran pada mobil Anda.

Tentu saja ini sangat berbahaya untuk Anda selaku pengendara, terlebih jika Anda berkendara dengan keluarga Anda. Apabila penyebab lampu indikator engine menyala karena masalah ini, Anda bisa langsung menutup tutup bensin dengan rapat.

 

  • Terjadi Kerusakan Pada Catalytic Converter

 

Baca Juga : Tips Mengatur Posisi Spion Mobil

Catalytic converter pada mobil berfungsi sebagai penyaring untuk gas buang kendaraan. Seperti karbon monoksida, hidrokarbon, nitrogen oksida, dan zat polutan berbahaya lainnya.

Dengan begitu emisi yang dihasilkan oleh kendaraan menjadi berkurang. Sehingga ketika catalytic converter mengalami masalah akan membuat lampu indikator engine menyala

Tanda kerusakan pada catalytic converter pada mobil Anda bisa dilihat dari borosnya penggunaan bahan bakar mobil. Juga bisa dilihat bagaimana tenaga mobil ketika Anda kendarai.

Jika mobil mengalami penurunan tenaga meski pedal gas sudah Anda injak dalam, hal itu bisa jadi karena adanya kerusakan pada catalytic converter mobil Anda.

 

  • Aki Mobil Mengalami Kerusakan

 

Aki memiliki peranan penting pada kendaraan. Aki berfungsi untuk memberikan supply listrik supaya mesin mobil dapat menyala. Hal tersebut penyebab lampu indikator engine menyala ketika aki mengalami kerusakan.

Bayangkan jika energi listrik di dalam mobil tidak stabil. Tentu sangat membahayakan pengendara. listrik yang tidak stabil akan membuat komponen mobil bekerja dengan tidak maksimal.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya