Tips & Trik

5 Penyebab Lampu Indikator Engine Menyala

PUBLISHED DATE : 25 April 2023

Lampu Indikator Engine Mobil Menyala

Lampu indikator engine menyala menandakan ada yang tidak beres dengan mobil Anda. Anda tidak bisa memaksa berkendara dengan keadaan lampu engine yang menyala karena akan sangat berbahaya untuk Anda.

Adapun lampu engine yang menyala disebabkan oleh beberapa hal yang perlu Anda tahu. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi panik kenapa lampu engine terus menyala. Anda bisa simak ulasan berikut untuk mengetahui penyebab dari menyalanya lampu engine mobil Anda.

Penyebab Lampu Indikator Engine Menyala

Lampu indikator check pada dashboard berfungsi sebagai pemberi peringatan untuk pengendara jika terdapat masalah pada mesin mobil. Oleh karenanya, apabila Anda mengalami masalah serupa Anda perlu memeriksa apa yang tengah terjadi pada mobil Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan lampu indikator engine menyala:

 

  • Tutup Bensin Belum Tertutup Rapat

 

Penyebab pertama dari lampu engine mobil yang menyala yaitu tutup bensin yang belum tertutup rapat atau kurang pas.

Mungkin masalah ini terkesan sepele, tetapi tutup bensin yang kurang rapat bisa menyebabkan kesalahan yang fatal. Hal itu bisa menyebabkan kebakaran pada mobil Anda.

Tentu saja ini sangat berbahaya untuk Anda selaku pengendara, terlebih jika Anda berkendara dengan keluarga Anda. Apabila penyebab lampu indikator engine menyala karena masalah ini, Anda bisa langsung menutup tutup bensin dengan rapat.

 

  • Terjadi Kerusakan Pada Catalytic Converter

 

Catalytic converter pada mobil berfungsi sebagai penyaring untuk gas buang kendaraan. Seperti karbon monoksida, hidrokarbon, nitrogen oksida, dan zat polutan berbahaya lainnya.

Baca Juga : Keunggulan Rangka Kokoh Suzuki

Dengan begitu emisi yang dihasilkan oleh kendaraan menjadi berkurang. Sehingga ketika catalytic converter mengalami masalah akan membuat lampu indikator engine menyala

Tanda kerusakan pada catalytic converter pada mobil Anda bisa dilihat dari borosnya penggunaan bahan bakar mobil. Juga bisa dilihat bagaimana tenaga mobil ketika Anda kendarai.

Jika mobil mengalami penurunan tenaga meski pedal gas sudah Anda injak dalam, hal itu bisa jadi karena adanya kerusakan pada catalytic converter mobil Anda.

 

  • Aki Mobil Mengalami Kerusakan

 

Aki memiliki peranan penting pada kendaraan. Aki berfungsi untuk memberikan supply listrik supaya mesin mobil dapat menyala. Hal tersebut penyebab lampu indikator engine menyala ketika aki mengalami kerusakan.

Bayangkan jika energi listrik di dalam mobil tidak stabil. Tentu sangat membahayakan pengendara. listrik yang tidak stabil akan membuat komponen mobil bekerja dengan tidak maksimal.

Jika dibiarkan begitu saja, maka akan ada kerusakan yang parah pada mobil. Kerusakan pun bisa terjadi tidak hanya pada satu komponen, tetapi banyak komponen yang kinerjanya bergantung pada energi listrik dari aki.

 

  • Sedang Melakukan Pemeriksaan Filter Udara

 

Ketika lampu indikator engine menyala bisa juga disebabkan jika mobil sedang melakukan pemeriksaan pada filter udara pada mobil.

Apabila filter udara kotor, hal itu akan berakibat pada kurangnya supply udara di ruang bahan bakar. Jika supply udara di ruangan bahan bakar menurun akan menyebabkan kerusakan pada mass air flow.

Mass air flow berfungsi untuk mengatur jumlah bahan bakar yang akan digunakan oleh kendaraan berdasarkan supply udara yang masuk ke dalam mesin mobil.

Hal ini tentu akan membuat Anda berkendara dengan tidak nyaman dan jika dibiarkan, komponen mobil Anda yang lain akan mengalami kerusakan yang lebih parah.

Sangat penting memeriksa filter udara pada mobil Anda dan melakukan pengontrolan secara berkala.

 

 

  • Adanya Kerusakan Pada Kabel dan Busi

 

Penyebab terakhir dari lampu indikator engine mobil yang menyala yaitu terjadi kerusakan pada kabel dan busi mobil.

Kerusakan yang dimaksud bisa jadi adanya pemasangan kabel ataupun busi yang tidak tepat. Selain itu bisa juga adanya korosi membuat kabel pada mobil terputus. 

Apabila kabel tersebut tersambung pada komponen yang penting, hal ini tentu patut Anda waspadai. Oleh karenanya, jangan mengabaikan peringatan dini yang diberikan oleh lampu indikator engine mobil Anda.

 

Hal yang Harus Anda Lakukan Ketika Lampu Indikator Engine Menyala

Setelah mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi penyebab menyalanya lampu indikator engine pada mobil Anda, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mematikan lampunya.

 

  • Mematikan Mesin Mobil

 

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu mematikan mesin mobil. Kemudian lakukan pemeriksaan pada mesin mobil apakah ada masalah yang menjadi penyebab menyalanya lampu indikator engine.

Baca Juga : Tips Mempertahankan Nilai Jual Mobil

Anda bisa juga mengecek tutup bensin apakah sudah tertutup dengan rapat. Terakhir yaitu lakukan pengecekan pada aki mobil Anda. 

Dengan melakukan pemeriksaan menyeluruh Anda mungkin dapat menemukan penyebab kenapa lampu indikator engine mobil Anda menyala. Lakukan perbaikan sebisa yang Anda lakukan.

Apabila penyebabnya karena tutup bensin yang belum tertutup rapat, Anda bisa menutupnya dengan rapat. Jika penyebabnya karena aki mobil yang bermasalah, Anda bisa melakukan copot pasang pada aki mobil.

Di mana Anda cukup melakukan copot pasang pada kepala aki bertanda minus. Anda tidak perlu membongkarnya secara keseluruhan. Setelah Anda lakukan copot pasang pada kepala aki, tunggu tiga sampai lima menit.

Pencopotan dan pemasangan kabel pada kepala aki akan mereset sistem komputer pada mobil Anda. Sehingga mobil Anda akan kembali ke setelan awal, termasuk radio mobil Anda.

 

  • Lakukan Scan Pada Mobil

 

Melakukan scan pada mobil adalah langkah kedua yang perlu Anda lakukan jika pemeriksaan pada mobil tidak membuahkan hasil.

Perlu Anda tahu jika scan mobil membutuhkan jasa teknisi dan tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Jadi jika pemeriksaan tidak membuahkan hasil, silahkan Anda bawa mobil Anda ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan dan scan oleh teknisi di sana. Akan lebih baik jika mobil Anda ditangani oleh ahlinya.

Itulah tadi hal-hal yang menyebabkan lampu indikator engine menyala. Jika memang masih menyala segeralah bawa kendaraan anda di bengkel resmi Suzuki untuk melakukan perawatan. Jadwalkan kunjungan anda melalui halaman booking service

Memastikan mobil dalam kondisi baik dan siap untuk dibawa kendara hal yang sangat penting sebelum berkendara. Jangan mengabaikan peringatan yang diberikan oleh lampu indikator engine mobil Anda.

Dengan begitu Anda bisa berkendara dengan nyaman dan aman. Serta menghindarkan hal-hal buruk yang bisa terjadi karena kelalaian dalam memastikan kinerja komponen mobil.

 

Berita Lainnya