Tips & Trik

Bisakah Suzuki Ertiga Hybrid Diandalkan Untuk Perjalanan Jarak Jauh?

PUBLISHED DATE : 11 Januari 2023

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Blog-6-(1)-(1).jpg

Mobil Suzuki Ertiga Hybrid begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia sesaat setelah diluncurkan pada Juni tahun 2022 lalu. Daya tarik utama dari mobil terbaru keluaran Suzuki ini adalah selain mengusung konsep LMPV elektrifikasi pertama di Indonesia, tapi juga irit bahan bakar, berteknologi canggih, memiliki fitur modern dengan harga terjangkau. 

Di musim liburan seperti saat ini tentunya banyak dari Anda yang bertanya-tanya, bisakah mobil ini diandalkan untuk jadi alternatif kendaraan untuk perjalanan jauh? Mengingat mobil hybrid ini merupakan salah satu jurus ampuh untuk menekan konsumsi bahan bakar saat berpergian jauh. Tetapi, faktor lain yang pasti tak luput dari Anda pemilik mobil hybrid adalah keberadaan Stasiun Pengisian Bahan Bakar atau SPKLU untuk mengisi daya listrik yang belum tersedia dan tersebar luas di seluruh daerah.

Tak perlu khawatir, keberadaan mobil Suzuki Ertiga Hybrid sebenarnya tidak harus selalu terikat terhadap SPKLU. Sebab, mobil ini telah dipersenjatai teknologi smart hybrid yaitu teknologi yang memungkinkan mobil bekerja dengan dua sumber tenaga, yaitu dari mesin bensin konvensional dengan Integrated Starter Generator (ISG) dan baterai lithium-ion. Fungsi dari ISG ini sebagai motor dan generator yang menangkap dan menyimpan energi listrik ke baterai sehingga bisa menjaga komponen kelistrikan mobil tetap menyala, saat mobil dalam posisi berhenti (engine auto start stop aktif). Dari sistem kerja inilah menjadikan Suzuki Ertiga Hybrid jadi lebih hemat BBM. Skenarionya misalnya seperti ini, saat mesin dihidupkan mobil mengambil daya dari tenaga baterai. Mesin konvensional belum bekerja dan bahan bakarnya sama sekali tidak terpakai. Setelah mobil mencapai kecepatan di di atas 50km/jam barulah sistem mobil berpindah untuk mengambil tenaga dari mesin konvensional yang menggunakan bahan bakar. Hal ini tentunya akan menguntungkan Anda karena konsumsi bahan bakar yang semakin irit. Dan dari penjelasan tersebut, bisa disimpulkan Suzuki Ertiga Hybrid sangat bisa diandalkan untuk perjalanan jauh. 

Baca Juga : Kapan Harus Mengganti Filter Bahan Bakar Mobil Anda

Selain itu Suzuki Ertiga hybrid memilki berbagai fitur canggih yang menunjang perjalanan jauh, antara lain: 

Cruise Control

Ini merupakan fitur yang memudahkan Anda berkendara tanpa harus menginjak pedal gas. Dengan fitur Cruise Control, Anda bisa dengan mudah mengatur kecepatan lewat gagang stir, sehingga menambah kenyamanan bagi pengendara saat melakukan perjalanan jarak jauh.

Baca Juga : Mudik dengan Motor? Ini yang Wajib Dipersiapkan

New Gear Shift Indicator (GSI)

Fitur ini terdapat dalam All New Ertiga Hybrid dengan transmisi manual, fungsi dari Gear Shift Indicator (GSI) adalah untuk memberikan indikasi posisi gigi paling efisien dalam konsumsi bahan bakar.

New Guide Me Light

Baca Juga : Sedikit Yang Tahu, Ini Jenis Polisi Tidur & Regulasinya

Fitur yang berfungsi untuk memandu pemilik kendaraan saat akan masuk atau keluar mobil di tempat yang minim cahaya atau gelap. Cahaya yang digunakan adalah berasal dari pancaran sinar lampu utama mobil.

New ESP

Teknologi yang memadukan antara pengereman optimal dan kestabilan saat melaju di jalan licin dan berbelok, serta mencegah oversteer dan understeer.

New Hill Hold Control

Mengaktifkan rem secara otomatis atau menahan sementara selama 3 detik laju kendaraan, saat berada di jalan menanjak, sehingga mobil tidak bergerak mundur. Fitur ini terdapat dalam All New Ertiga tipe SS transmisi otomatis dan manual, serta tipe GX yang bertransmisi otomatis.

New Auto Retractable Outside Mirror

Fitur yang mampu melipat dan membuka kaca spion secara otomatis saat Anda mengunci pintu dengan remote dan menghidupkan mesin.

Dengan sederet fitur modern yang ditawarkan ini, menjadikan Suzuki Ertiga Hybrid cocok jadi mobil andalan Anda untuk bepergian jauh bersama keluarga Anda. Bawa pulang Ertiga Hybrid hanya dengan membayar sebesar Rp270.300.000 (OTR Jakarta bulan September). Kunjungi dealer resmi Suzuki terdekat untuk dapatkan penawaran terbaiknya!

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya