Tips & Trik

5 Penyebab Lampu Indikator Engine Menyala

PUBLISHED DATE : 25 April 2023

Lampu Indikator Engine Mobil Menyala

Jika dibiarkan begitu saja, maka akan ada kerusakan yang parah pada mobil. Kerusakan pun bisa terjadi tidak hanya pada satu komponen, tetapi banyak komponen yang kinerjanya bergantung pada energi listrik dari aki.

 

  • Sedang Melakukan Pemeriksaan Filter Udara

 

Ketika lampu indikator engine menyala bisa juga disebabkan jika mobil sedang melakukan pemeriksaan pada filter udara pada mobil.

Apabila filter udara kotor, hal itu akan berakibat pada kurangnya supply udara di ruang bahan bakar. Jika supply udara di ruangan bahan bakar menurun akan menyebabkan kerusakan pada mass air flow.

Mass air flow berfungsi untuk mengatur jumlah bahan bakar yang akan digunakan oleh kendaraan berdasarkan supply udara yang masuk ke dalam mesin mobil.

Hal ini tentu akan membuat Anda berkendara dengan tidak nyaman dan jika dibiarkan, komponen mobil Anda yang lain akan mengalami kerusakan yang lebih parah.

Sangat penting memeriksa filter udara pada mobil Anda dan melakukan pengontrolan secara berkala.

Baca Juga : Tips Ampuh Menghindari Pencurian Motor

 

 

  • Adanya Kerusakan Pada Kabel dan Busi

 

Penyebab terakhir dari lampu indikator engine mobil yang menyala yaitu terjadi kerusakan pada kabel dan busi mobil.

Kerusakan yang dimaksud bisa jadi adanya pemasangan kabel ataupun busi yang tidak tepat. Selain itu bisa juga adanya korosi membuat kabel pada mobil terputus. 

Apabila kabel tersebut tersambung pada komponen yang penting, hal ini tentu patut Anda waspadai. Oleh karenanya, jangan mengabaikan peringatan dini yang diberikan oleh lampu indikator engine mobil Anda.

 

Hal yang Harus Anda Lakukan Ketika Lampu Indikator Engine Menyala

Setelah mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi penyebab menyalanya lampu indikator engine pada mobil Anda, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mematikan lampunya.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya