Tips & Trik

4 Hal yang Harus Anda Ketahui Mengenai Mesin All New Ertiga Hybrid

PUBLISHED DATE : 22 April 2023

Perawatan Mesin All New Ertiga Hybrid

 

Perawatan dan pemeriksaan mesin All New Ertiga Hybrid harus dilakukan dengan hati-hati karena sistem hibrida pada mesin hybrid lebih kompleks dibandingkan mesin konvensional.

Selain perawatan mesin dan transmisi, Anda perlu memeriksa dan mengganti komponen sistem hibrida seperti baterai hybrid, inverter, dan komponen lainnya secara rutin untuk memastikan performa kendaraan tetap optimal.

Baterai hybrid pada mobil juga memiliki umur yang terbatas dan Anda harus memperhatikan umur baterai agar dapat diganti tepat waktu sehingga kendaraan tetap berfungsi dengan baik.

 

  • Perbedaan Mesin Konvensional dan Mesin Hybrid

 

Pemilik mobil hybrid harus memahami perbedaan antara mesin konvensional dan mesin hybrid agar dapat merawat mobil dengan benar.

Mesin hybrid memiliki teknologi yang berbeda dengan mesin konvensional sehingga penggunaan oli yang tepat dan sesuai spesifikasi sangatlah penting.

Oli mesin berfungsi melumasi dan mendinginkan komponen mesin, sehingga krusial untuk menggantinya sesuai dengan interval yang direkomendasikan, yaitu setiap 10.000 km atau 6 bulan.

Baca Juga : Segera Periksa! Ini Tanda Transmisi Bermasalah

Jadi, pastikan untuk menggunakan oli mesin dengan spesifikasi yang sesuai dengan kendaraan Anda untuk memastikan mesin hybrid berfungsi secara efisien.

Penggunaan oli mesin yang tepat akan membantu menjaga performa mesin, mengurangi gesekan antar komponen, dan memperpanjang umur mesin.

 

  • Perhatikan Penggantian Filter AC

 

Filter AC pada mobil hybrid perlu diganti lebih sering daripada mobil konvensional. Soalnya, mesin hybrid sering menggunakan sistem listrik yang memerlukan pendinginan yang cukup.

Jika suhu mesin terlalu tinggi, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen dan mengurangi efisiensi mesin.

Maka dari itu, Anda harus memeriksa dan mengganti filter AC secara berkala agar AC dapat bekerja dengan baik dan menghindari masalah yang lebih besar.

Periksa kondisi coolant, selang, dan komponen lainnya untuk memastikan tidak ada kebocoran atau kerusakan.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya