Tips & Trik

4 Hal yang Harus Anda Ketahui Mengenai Mesin All New Ertiga Hybrid

PUBLISHED DATE : 22 April 2023

Perawatan Mesin All New Ertiga Hybrid

Mesin All New Ertiga Hybrid menawarkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik daripada mobil konvensional, namun bagaimana dengan biaya perawatannya?

Kendaraan hybrid telah menjadi pilihan populer di kalangan konsumen di Indonesia, dan salah satu contohnya adalah All New Ertiga Hybrid dari Suzuki.

Artikel ini akan mengupas lengkap estimasi biaya servis mesin kendaraan ini dan memberikan beberapa tips untuk menjaga performa mesin mobil Anda.

Hal Yang Harus Diketahui Dari Mesin All New Ertiga Hybrid

Pemilik All New Ertiga Hybrid perlu memperhatikan 5 hal penting ini terkait perawatan mesin untuk menjaga performa kendaraan dan menghindari masalah teknis.

 

  • Rutin Periksa dan Ganti Komponen Sistem Hibrida

 

Perawatan dan pemeriksaan mesin All New Ertiga Hybrid harus dilakukan dengan hati-hati karena sistem hibrida pada mesin hybrid lebih kompleks dibandingkan mesin konvensional.

Selain perawatan mesin dan transmisi, Anda perlu memeriksa dan mengganti komponen sistem hibrida seperti baterai hybrid, inverter, dan komponen lainnya secara rutin untuk memastikan performa kendaraan tetap optimal.

Baterai hybrid pada mobil juga memiliki umur yang terbatas dan Anda harus memperhatikan umur baterai agar dapat diganti tepat waktu sehingga kendaraan tetap berfungsi dengan baik.

 

  • Perbedaan Mesin Konvensional dan Mesin Hybrid

 

Pemilik mobil hybrid harus memahami perbedaan antara mesin konvensional dan mesin hybrid agar dapat merawat mobil dengan benar.

Mesin hybrid memiliki teknologi yang berbeda dengan mesin konvensional sehingga penggunaan oli yang tepat dan sesuai spesifikasi sangatlah penting.

Baca Juga : Tips Agar Motor Selalu Dalam Kondisi Prima

Oli mesin berfungsi melumasi dan mendinginkan komponen mesin, sehingga krusial untuk menggantinya sesuai dengan interval yang direkomendasikan, yaitu setiap 10.000 km atau 6 bulan.

Jadi, pastikan untuk menggunakan oli mesin dengan spesifikasi yang sesuai dengan kendaraan Anda untuk memastikan mesin hybrid berfungsi secara efisien.

Penggunaan oli mesin yang tepat akan membantu menjaga performa mesin, mengurangi gesekan antar komponen, dan memperpanjang umur mesin.

 

  • Perhatikan Penggantian Filter AC

 

Filter AC pada mobil hybrid perlu diganti lebih sering daripada mobil konvensional. Soalnya, mesin hybrid sering menggunakan sistem listrik yang memerlukan pendinginan yang cukup.

Jika suhu mesin terlalu tinggi, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen dan mengurangi efisiensi mesin.

Maka dari itu, Anda harus memeriksa dan mengganti filter AC secara berkala agar AC dapat bekerja dengan baik dan menghindari masalah yang lebih besar.

Periksa kondisi coolant, selang, dan komponen lainnya untuk memastikan tidak ada kebocoran atau kerusakan.

Jangan lupa untuk mengganti coolant sesuai dengan interval yang direkomendasikan oleh pabrikan, biasanya setiap 40.000 km atau 2 tahun. Selain itu, lakukan flushing sistem pendingin secara berkala.

 

  • Pengisian Bahan Bakar dan Umur Baterai pada Mobil Hybrid

 

Anda juga perlu memahami cara pengisian bahan bakar pada mobil hybrid dan memperhatikan umur baterai untuk menghindari kecelakaan dan masalah teknis.

Kendaraan hybrid harus diisi dengan bahan bakar yang sesuai dan baterai harus selalu terisi penuh agar kendaraan berfungsi dengan baik. Baterai ini memiliki peran penting dalam menyediakan energi listrik yang dibutuhkan oleh sistem hybrid. 

Umur baterai juga perlu diperhatikan agar Anda dapat mengganti baterai tepat waktu sehingga performa kendaraan selalu optimal. Periksa kondisi baterai secara berkala, termasuk pemeriksaan terminal dan kabel untuk memastikan tidak ada kerusakan.

Jangan lupa untuk memperhatikan jangka waktu servis mesin All New Ertiga Hybrid agar kendaraan dan baterai mobil Anda tetap berada dalam kondisi prima dan aman untuk digunakan.

Estimasi Biaya Perawatan Mesin All New Ertiga Hybrid

Sebelum melakukan servis pada All New Ertiga Hybrid, Anda perlu mengetahui estimasi biaya perawatan yang dibutuhkan agar dapat merencanakan anggaran yang tepat.

 

  • Biaya Perawatan Rutin

 

Biaya perawatan rutin untuk All New Ertiga Hybrid diperkirakan berkisar antara Rp 5 jutaan hingga 100.000 km. Biaya ini meliputi penggantian oli mesin, filter oli, filter udara, dan pemeriksaan sistem hybrid.

Namun, perlu dicatat bahwa biaya perawatan ini bisa bervariasi tergantung pada kondisi kendaraan, harga suku cadang, dan tarif jasa bengkel yang Anda kunjungi.

 

  • Biaya Perawatan Baterai

 

Baterai All New Ertiga Hybrid memiliki umur pakai yang cukup panjang, namun tetap perlu diganti jika sudah mencapai batas usianya. Biaya penggantian baterai diperkirakan sekitar Rp 10 jutaan.

Namun, beberapa faktor seperti merk baterai, kapasitas, dan teknologi yang digunakan bisa mempengaruhi harga baterai. Selain itu, biaya instalasi dan jasa bengkel juga perlu diperhitungkan dalam biaya penggantian baterai.

 

  • Biaya Perawatan Sistem Pendingin

 

Perawatan sistem pending ini meliputi penggantian coolant, periksa selang, dan komponen lainnya. Biaya perawatan sistem pendingin diperkirakan sekitar Rp 500.000 hingga Rp 1 juta per tindakan.

Tergantung juga pada jenis coolant yang digunakan dan tarif jasa bengkel. Jangan lupa untuk mengalokasikan anggaran untuk perawatan sistem pendingin ini agar mesin tetap bekerja dengan baik dan aman.

 

  • Biaya Perawatan Sistem Rem

Baca Juga : Bikin Mobil Kinclong dengan 5 Tips Poles Mobil Ini

 

Sistem rem pada kendaraan hybrid memiliki beberapa perbedaan dibandingkan dengan sistem rem pada mobil konvensional, seperti pengereman regeneratif yang membantu mengisi ulang baterai.

Oleh karena itu, perawatan sistem rem dan mesin All New Ertiga Hybrid harus dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman dalam menangani kendaraan hybrid.

Biaya perawatan sistem rem diperkirakan sekitar Rp 1 juta hingga Rp 2 juta per tindakan, termasuk penggantian kampas rem, pembersihan komponen, dan pengecekan sistem pengereman regeneratif.

 

  • Biaya Perawatan Komponen Elektronik

 

Perawatan komponen elektro pada kendaraan hybrid meliputi pemeriksaan dan perbaikan sistem kontrol, sensor, dan kabel. Biaya perawatan komponen elektronik bervariasi tergantung pada jenis dan tingkat kerusakan yang dialami.

Sebagai contoh, biaya penggantian sensor dapat berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 2 juta, tergantung pada jenis sensor dan tarif jasa bengkel.

 

  • Biaya Perawatan Sistem Transmisi

 

Perawatan sistem transmisi meliputi penggantian oli transmisi dan pemeriksaan komponen transmisi.

Biaya perawatan sistem transmisi diperkirakan sekitar Rp 1 juta hingga Rp 2 juta per tindakan, tergantung pada jenis oli transmisi yang digunakan dan tarif jasa bengkel.

Memahami biaya servis komponen All New Ertiga Hybrid sangat signifikan bagi setiap pemilik kendaraan ini untuk menjaga performa dan umur panjang kendaraan.

Dengan mengikuti tips perawatan yang telah disebutkan dan memperhatikan estimasi biaya perawatan, Anda dapat mempersiapkan anggaran yang diperlukan dan menjaga kendaraan mereka tetap dalam kondisi terbaik.Ingat, lakukan servis mesin All New Ertiga Hybrid secara berkala di bengkel resmi Suzuki terdekat. Booking servis mesin Anda sekarang melalui website resmi Suzuki.

Berita Lainnya