Tips & Trik

11 Tips Mudik Lebaran Hemat 2023 Menggunakan Kendaraan Pribadi

PUBLISHED DATE : 19 April 2023

Mudik Lebaran Hemat (3)

 

  • Rencanakan Rute dan Waktu Perjalanan

 

Sebelum memulai mudik, perencanaan rute dan waktu perjalanan sangat penting untuk menghindari macet dan mencapai tujuan dengan tepat waktu. Karena itu, pastikan untuk mencari tahu kondisi lalu lintas dan rute yang akan dilalui.

Jika memungkinkan, pilihlah rute alternatif yang lebih sedikit macet atau memiliki jalur yang lebih baik. Selain itu, jangan lupa untuk istirahat dan mengatur jadwal perjalanan agar tidak terlalu terburu-buru.

 

  • Gunakan Aplikasi Maps atau Pengarah Jalan

 

Untuk memudahkan perjalanan, gunakan aplikasi maps atau pengarah jalan. Aplikasi ini akan memberikan informasi terkini mengenai kondisi lalu lintas, rute alternatif, dan juga estimasi waktu tiba. Namun, tetap siapkan peta offline sebagai cadangan.

 

  • Hindari Mengemudi Saat Malam Hari

 

Hindari mengemudi saat malam hari, terutama jika sudah terlalu lelah. Mengemudi saat malam hari membutuhkan konsentrasi lebih tinggi sehingga risiko kecelakaan juga lebih tinggi.

Baca Juga : AC Mobil Mati Hidup? Ini Penyebabnya!

Jika memungkinkan, istirahatlah di tempat penginapan atau rest area terdekat dan lanjutkan perjalanan saat pagi hari. Namun jika merasa kondisi masih prima, maka tidak ada masalah jika Anda memutuskan mengemudi di malam hari.

 

  • Pilih Tempat Menginap yang Terjangkau

 

Jika perjalanan memakan waktu yang cukup lama, Anda akan membutuhkan tempat menginap. Sebaiknya, pilihlah tempat menginap yang terjangkau dan sesuai dengan budget agar sesuai dengan tujuan mudik lebaran hemat.

Jangan terlalu memaksakan diri untuk menginap di hotel berbintang atau jenis tempat mewah lainnya. Sebenarnya, penginapan yang sederhana dan bersih sudah cukup untuk beristirahat dan memulihkan fokus setelah perjalanan yang melelahkan.

 

  • Patuhi Peraturan Lalu Lintas

 

Terakhir, tetap patuhi peraturan lalu lintas saat melakukan perjalanan mudik. Jangan melanggar batas kecepatan, jangan menggunakan telepon genggam saat mengemudi, dan selalu gunakan sabuk pengaman.

Dengan mematuhi peraturan lalu lintas, Anda tidak hanya dapat menghindari risiko kecelakaan, tetapi juga dapat menghindari denda atau sanksi yang bisa menambah biaya ekstra saat perjalanan.

Manfaat Mudik Lebaran dengan Kendaraan Pribadi

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

SIS Sept Blog 10 (2)

Rekomendasi Oli Untuk Mobil MPV

Memiliki mobil MPV tentunya membawa keuntungan tersendiri. Sesuai dengan namanya yaitu Multi Purpose Vehicle alias kendaraan multi fungsi, tak hanya muat banyak penumpang sehingga ...

selengkapnya
Suzuki Burgman

Apa itu Inreyen pada Motor?

Setelah membeli motor baru, maka ada hal penting yang perlu dilakukan, yaitu inreyen motor. Namun, mungkin saja masih banyak orang yang belum mengetahui hal ini, termasuk tentang c...

selengkapnya