Tips & Trik

11 Tips Mudik Lebaran Hemat 2023 Menggunakan Kendaraan Pribadi

PUBLISHED DATE : 19 April 2023

Mudik Lebaran Hemat (3)

Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi, artinya waktu mudik pun semakin dekat. Mudik sendiri adalah tradisi yang dilakukan untuk menjaga silaturahmi keluarga. Untuk melakukan mudik lebaran hemat, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Namun, penting untuk diingat bahwa mengemudi dalam perjalanan jauh dalam rangka mudik memerlukan persiapan dan perencanaan yang matang. Jadi, kenali apa saja tips mudik hemat yang bisa Anda terapkan.

Berikut Tips Mudik Lebaran Hemat dengan Kendaraan Pribadi

Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum berangkat mudik dengan kendaraan pribadi, agar perjalanan tetap aman, nyaman, dan tentunya hemat. Berikut ini beberapa di antaranya:

 

  • Cek Kondisi Kendaraan

 

Sebelum memulai perjalanan jauh, pastikan kendaraan yang akan digunakan dalam kondisi yang baik. Periksa semua komponen penting pada kendaraan, seperti rem, ban, suspensi, kaki-kaki, mesin, dan lain sebagainya.

Jika diperlukan, lakukan servis atau perbaikan terlebih dahulu agar kendaraan siap menghadapi perjalanan jauh. Jangan lupa pula untuk membawa alat-alat cadangan seperti ban serep, kunci roda, obeng, tang, dan lain-lain, termasuk peralatan darurat.

 

  • Hemat Bahan Bakar

 

Agar mudik lebaran hemat dan lebih optimal, selalu perhatikan kecukupan bahan bakar. Pasalnya, BBM atau bahan bakar adalah salah satu faktor biaya terbesar dalam perjalanan jauh. Berikut tips menghemat bahan bakar yang bisa Anda terapkan:

  • Hindari kecepatan tinggi, karena akan memerlukan lebih banyak bahan bakar. 
  • Matikan mesin kendaraan saat berhenti lebih dari 1 menit agar tidak boros bahan bakar.
  • Hindari menginap di hotel atau penginapan yang jauh dari jalan raya karena dapat memakan waktu dan bahan bakar ekstra.
  • Hindari membawa terlalu banyak barang yang tidak diperlukan. Sebab semakin berat kendaraan, semakin berat kerja mesinnya dan semakin banyak bahan bakar yang dibutuhkan untuk menggerakkan kendaraan.

 

  • Sediakan Kotak P3K dan Obat-Obatan Pribadi

 

Selanjutnya, siapkan kotak P3K dan obat-obatan pribadi untuk mengantisipasi keadaan darurat selama perjalanan. Pastikan kotak P3K berisi perban, plester, alkohol, obat pereda nyeri, obat antidiare, dan obat-obatan penting lainnya yang dibutuhkan.

 

  • Sediakan Bekal Makanan dan Minuman Secukupnya

Baca Juga : Mengapa Test Drive Sangat Penting Sebelum Membeli Mobil?

 

Selama perjalanan jauh, tentu saja kita akan membutuhkan makanan dan minuman untuk menjaga energi dan kesehatan. Jadi, tips agar mudik lebaran tetap hemat selanjutnya adalah menyiapkan perbekalan yang cukup.

Pasalnya, membeli makanan dan minuman di rest area atau warung di sepanjang jalan dapat memakan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, lebih baik membawa persediaan makanan dan minuman dari rumah sesuai selera.

 

  • Pastikan Bawaan Tidak Melebihi Batas

 

Pastikan bawaan tidak melebihi kapasitas maksimal kendaraan. Jangan menumpuk barang di atas atau di belakang kendaraan, karena bisa mempengaruhi keseimbangan dan mengganggu kenyamanan selama perjalanan.

 

  • Siapkan Uang Tunai  dan Saldo e-Toll

 

Untuk memastikan mudik lebaran hemat, pastikan untuk menyiapkan uang tunai dan saldo e-Toll yang cukup. Siapkan juga uang kecil untuk menghindari membeli barang yang tidak penting hanya untuk menukar uang.

 

  • Rencanakan Rute dan Waktu Perjalanan

 

Sebelum memulai mudik, perencanaan rute dan waktu perjalanan sangat penting untuk menghindari macet dan mencapai tujuan dengan tepat waktu. Karena itu, pastikan untuk mencari tahu kondisi lalu lintas dan rute yang akan dilalui.

Jika memungkinkan, pilihlah rute alternatif yang lebih sedikit macet atau memiliki jalur yang lebih baik. Selain itu, jangan lupa untuk istirahat dan mengatur jadwal perjalanan agar tidak terlalu terburu-buru.

 

  • Gunakan Aplikasi Maps atau Pengarah Jalan

 

Untuk memudahkan perjalanan, gunakan aplikasi maps atau pengarah jalan. Aplikasi ini akan memberikan informasi terkini mengenai kondisi lalu lintas, rute alternatif, dan juga estimasi waktu tiba. Namun, tetap siapkan peta offline sebagai cadangan.

 

  • Hindari Mengemudi Saat Malam Hari

 

Hindari mengemudi saat malam hari, terutama jika sudah terlalu lelah. Mengemudi saat malam hari membutuhkan konsentrasi lebih tinggi sehingga risiko kecelakaan juga lebih tinggi.

Jika memungkinkan, istirahatlah di tempat penginapan atau rest area terdekat dan lanjutkan perjalanan saat pagi hari. Namun jika merasa kondisi masih prima, maka tidak ada masalah jika Anda memutuskan mengemudi di malam hari.

 

  • Pilih Tempat Menginap yang Terjangkau

 

Jika perjalanan memakan waktu yang cukup lama, Anda akan membutuhkan tempat menginap. Sebaiknya, pilihlah tempat menginap yang terjangkau dan sesuai dengan budget agar sesuai dengan tujuan mudik lebaran hemat.

Jangan terlalu memaksakan diri untuk menginap di hotel berbintang atau jenis tempat mewah lainnya. Sebenarnya, penginapan yang sederhana dan bersih sudah cukup untuk beristirahat dan memulihkan fokus setelah perjalanan yang melelahkan.

 

  • Patuhi Peraturan Lalu Lintas

 

Terakhir, tetap patuhi peraturan lalu lintas saat melakukan perjalanan mudik. Jangan melanggar batas kecepatan, jangan menggunakan telepon genggam saat mengemudi, dan selalu gunakan sabuk pengaman.

Dengan mematuhi peraturan lalu lintas, Anda tidak hanya dapat menghindari risiko kecelakaan, tetapi juga dapat menghindari denda atau sanksi yang bisa menambah biaya ekstra saat perjalanan.

Manfaat Mudik Lebaran dengan Kendaraan Pribadi

Dengan melakukan mudik lebaran menggunakan kendaraan pribadi, ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh. Berikut beberapa di antaranya:

 

  • Lebih Fleksibel

 

Mudik dengan kendaraan pribadi memungkinkan Anda untuk lebih fleksibel dalam menentukan jadwal keberangkatan dan jadwal tiba. Sebab Anda tidak perlu terikat dengan jadwal keberangkatan transportasi umum seperti pesawat, bus, atau kereta api

Baca Juga : Tips Memilih Mobil Pertama

 

  • Lebih Hemat Biaya

 

Mudik dengan kendaraan pribadi sangat cocok untuk menerapkan mudik lebaran hemat. Sebab dalam perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi, para pemudik tidak perlu membayar tiket transportasi publik yang harganya bisa cukup mahal.

Selain itu, Anda juga dapat mengatur sendiri pengeluaran selama perjalanan. Misalnya yaitu dengan memilih tempat makan dan menginap yang sesuai dengan budget dan keinginan.

 

  • Lebih Nyaman

 

Mudik menggunakan kendaraan pribadi dapat memberikan kenyamanan yang lebih bagi para pemudik. Hal ini karena Anda dapat membawa lebih banyak barang bawaan dan lebih bebas dalam menentukan suhu mobil, musik yang diputar, dan lain-lain.

 

  • Lebih Aman

 

Selanjutnya, dengan mudik sendiri menggunakan kendaraan pribadi, keamanan saat berkendara jadi lebih terjamin. Sebab pemudik lebih leluasa dalam mengontrol kecepatan dan gaya mengemudi yang sesuai standar keamanan.

 

  • Lebih Menyenangkan

 

Terakhir, mudik dengan kendaraan pribadi juga dapat memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan bagi para pemudik. Sebab perjalanan mudik tersebut dapat menjadi waktu yang menyenangkan untuk berkumpul bersama keluarga.

Misalnya, Anda bisa mengobrol maupun menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan. Selain itu, para pemudik juga dapat berhenti di tempat-tempat yang menarik untuk berwisata atau berbelanja oleh-oleh.

Salah satu tips mudik lebaran hemat yang penting untuk dilakukan adalah mengecek kondisi kendaraan. Bagi pengguna Suzuki, Anda bisa melakukan servis langsung di bengkel resmi terdekat dengan cara melakukan booking service secara online di website Suzuki.

Berita Lainnya