Tips & Trik

11 Tips Mudik Lebaran Hemat 2023 Menggunakan Kendaraan Pribadi

PUBLISHED DATE : 19 April 2023

Mudik Lebaran Hemat (3)

 

Sebelum memulai perjalanan jauh, pastikan kendaraan yang akan digunakan dalam kondisi yang baik. Periksa semua komponen penting pada kendaraan, seperti rem, ban, suspensi, kaki-kaki, mesin, dan lain sebagainya.

Jika diperlukan, lakukan servis atau perbaikan terlebih dahulu agar kendaraan siap menghadapi perjalanan jauh. Jangan lupa pula untuk membawa alat-alat cadangan seperti ban serep, kunci roda, obeng, tang, dan lain-lain, termasuk peralatan darurat.

 

  • Hemat Bahan Bakar

 

Agar mudik lebaran hemat dan lebih optimal, selalu perhatikan kecukupan bahan bakar. Pasalnya, BBM atau bahan bakar adalah salah satu faktor biaya terbesar dalam perjalanan jauh. Berikut tips menghemat bahan bakar yang bisa Anda terapkan:

  • Hindari kecepatan tinggi, karena akan memerlukan lebih banyak bahan bakar. 
  • Matikan mesin kendaraan saat berhenti lebih dari 1 menit agar tidak boros bahan bakar.
  • Hindari menginap di hotel atau penginapan yang jauh dari jalan raya karena dapat memakan waktu dan bahan bakar ekstra.
  • Hindari membawa terlalu banyak barang yang tidak diperlukan. Sebab semakin berat kendaraan, semakin berat kerja mesinnya dan semakin banyak bahan bakar yang dibutuhkan untuk menggerakkan kendaraan.

 

  • Sediakan Kotak P3K dan Obat-Obatan Pribadi

 

Selanjutnya, siapkan kotak P3K dan obat-obatan pribadi untuk mengantisipasi keadaan darurat selama perjalanan. Pastikan kotak P3K berisi perban, plester, alkohol, obat pereda nyeri, obat antidiare, dan obat-obatan penting lainnya yang dibutuhkan.

 

  • Sediakan Bekal Makanan dan Minuman Secukupnya

Baca Juga : Apa Yang Harus Diperiksa Sebelum Membeli Mobil Keluarga Pertama Anda?

 

Selama perjalanan jauh, tentu saja kita akan membutuhkan makanan dan minuman untuk menjaga energi dan kesehatan. Jadi, tips agar mudik lebaran tetap hemat selanjutnya adalah menyiapkan perbekalan yang cukup.

Pasalnya, membeli makanan dan minuman di rest area atau warung di sepanjang jalan dapat memakan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, lebih baik membawa persediaan makanan dan minuman dari rumah sesuai selera.

 

  • Pastikan Bawaan Tidak Melebihi Batas

 

Pastikan bawaan tidak melebihi kapasitas maksimal kendaraan. Jangan menumpuk barang di atas atau di belakang kendaraan, karena bisa mempengaruhi keseimbangan dan mengganggu kenyamanan selama perjalanan.

 

  • Siapkan Uang Tunai  dan Saldo e-Toll

 

Untuk memastikan mudik lebaran hemat, pastikan untuk menyiapkan uang tunai dan saldo e-Toll yang cukup. Siapkan juga uang kecil untuk menghindari membeli barang yang tidak penting hanya untuk menukar uang.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya