Tips & Trik

11 Komponen Utama Mobil yang Wajib Diperiksa Sebelum Mudik

PUBLISHED DATE : 16 April 2023

Komponen Mobil Diperiksa Sebelum Mudik

Sebelum mudik, periksa kondisi berbagai cairan pada mobil, seperti cairan pendingin mesin, cairan pembersih kaca, dan cairan rem.

Cairan pendingin mesin berfungsi untuk menjaga suhu mesin tetap optimal dan mencegah overheat. Pastikan kadar cairan pendingin sesuai dengan rekomendasi pabrik dan tidak ada kebocoran pada sistem.

Kedua, cairan pembersih kaca berfungsi untuk membersihkan kaca depan dari kotoran yang mengganggu pandangan. Pastikan juga wiper berfungsi dengan baik dan cairan pembersih kaca cukup.

Terakhir, cairan rem berfungsi untuk menghasilkan tekanan pada sistem pengereman. Periksa kadar cairan rem sudah sesuai dengan rekomendasi pabrik dan tidak ada kebocoran pada sistemnya.

 

  • Minyak Power Steering Mobil

 

Minyak power steering berfungsi untuk menjaga sistem kemudi mobil bekerja dengan lancar dan mengurangi gesekan antar komponen. Pastikan minyak power steering dalam kondisi baik dan tidak bocor.

Jika diperlukan, tambahkan atau ganti minyak power steering yang sudah kotor atau kadar minyak menurun. Periksa juga kondisi selang power steering dan koneksi pada sistem.

 

  • Air Radiator Mobil

 

Baca Juga : Jimny 5 Door Petualangan Tanpa Batas

Air radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin dan menjaga suhu mesin tetap optimal. Sebelum mudik, periksa kondisi air radiator dan pastikan tidak ada kebocoran pada sistem.

Jika air radiator kotor atau kadar air menurun, tambahkan atau ganti air radiator sesuai dengan rekomendasi pabrik. Periksa juga kondisi tutup radiator dan selang-selang yang terhubung dengan radiator untuk memastikan tidak ada kebocoran atau kerusakan.

 

  • Perlengkapan Darurat Lain

 

Menyiapkan perlengkapan darurat adalah langkah penting yang sering diabaikan oleh banyak pengendara.

Perlengkapan darurat seperti alat pemecah kaca dan peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) sangat berguna dalam situasi darurat dan dapat membantu mengurangi risiko cedera atau kerugian lebih lanjut.

Selain itu, siapkan juga peralatan seperti dongkrak, kunci roda, dan ban cadangan yang layak pakai untuk menghadapi kemungkinan ban bocor atau kerusakan lainnya selama perjalanan mudik.

Dengan memeriksa 11 komponen mobil di atas sebelum mudik, Anda akan meningkatkan kenyamanan dan keselamatan di tengah perjalanan.

Pastikan setiap komponen mobil diperiksa sebelum mudik secara menyeluruh dan berkonsultasi dan kunjungi bengkel resmi Suzuki dengan melakukan booking service melalui website , menghubungi halo Suzuki & datang langsung ke dealer untuk mendapatkan perawatan berkualitas dan menghindari masalah teknis di jalan. Dengan persiapan yang matang, Anda dan keluarga akan menikmati perjalanan mudik yang aman dan menyenangkan.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya