Tips & Trik

11 Komponen Utama Mobil yang Wajib Diperiksa Sebelum Mudik

PUBLISHED DATE : 16 April 2023

Komponen Mobil Diperiksa Sebelum Mudik

Periksa kondisi shock absorber dengan mencoba menggoyangkan mobil atau melihat tanda-tanda kebocoran pada shock absorber. Jika diperlukan, segera ganti shock absorber yang rusak atau aus dengan yang baru.

 

  • Rem Mobil

 

Sistem pengereman merupakan salah satu sistem keselamatan yang paling kritis pada mobil. Pastikan juga komponen mobil diperiksa sebelum mudik yang lain seperti kondisi kampas rem, cakram rem, dan selang rem.

Kampas rem yang aus atau tipis akan mengurangi kemampuan pengereman dan meningkatkan risiko kecelakaan. Cakram rem yang bengkok atau berkarat juga akan mengurangi efektivitas pengereman.

Pastikan selang rem tidak ada yang bocor atau retak untuk menghindari kehilangan tekanan pada sistem pengereman. Jangan lupa untuk memeriksa kondisi rem parkir dan cairan rem.

 

  • Lampu-Lampu Mobil

 

Lampu mobil sangat penting untuk memberikan penerangan dan sinyal kepada pengendara lain saat berkendara. Pastikan lampu depan, lampu belakang, lampu sein, dan lampu kabut berfungsi dengan baik.

Baca Juga : Merawat Mesin Kapal Tempel Saat Cuaca Sedang Kurang Bersahabat

Jika ada lampu yang mati, segera ganti dengan bohlam yang baru. Pastikan juga pencahayaan lampu depan sudah diatur dengan benar, sehingga tidak menyilaukan pengendara lain.

Jangan lupa untuk membersihkan kaca lampu dari kotoran yang menempel, agar cahaya lampu lebih maksimal.

 

  • Aki Mobil

 

Aki mobil adalah sumber energi untuk menghidupkan mobil dan menjalankan sistem kelistrikan. Aki yang lemah atau sudah tua akan menyebabkan mobil sulit dihidupkan atau sistem kelistrikan tidak berfungsi dengan baik.

Periksa kondisi aki mobil dan pastikan tegangan aki sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan. Jika diperlukan, ganti aki yang sudah lemah atau tua dengan yang baru.

Pastikan pula koneksi kabel aki bersih dan bebas dari karat untuk menghindari gangguan pada sistem kelistrikan. Komponen mobil diperiksa sebelum mudik ini untuk memastikan tidak ada kerusakan yang membahayakan keselamatan.

 

  • Cairan-Cairan Mobil

 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya