Tips & Trik

11 Komponen Utama Mobil yang Wajib Diperiksa Sebelum Mudik

PUBLISHED DATE : 16 April 2023

Komponen Mobil Diperiksa Sebelum Mudik

Mudik merupakan tradisi tahunan yang banyak dinantikan oleh masyarakat Indonesia. Namun, sebagai langkah pencegahan, ada baiknya beberapa komponen mobil diperiksa sebelum mudik untuk menghindari kerusakan saat perjalanan dan kecelakaan.

Selain itu, pemeriksaan ini mampu membuat perjalanan Anda lebih aman dan nyaman karena mobil berada dalam kondisi prima. Simak informasinya dan jangan lupa untuk segera memeriksa komponen-komponen berikut ini di bengkel resmi terdekat.

Komponen Mobil Diperiksa Sebelum Mudik

Sebelum melakukan perjalanan mudik, diperlukan pemeriksaan menyeluruh terhadap 11 komponen mobil untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan Anda selama perjalanan.

 

  • Oli Mesin

 

Komponen mobil diperiksa sebelum mudik yang pertama adalah oli mesin. Oli mesin sangat penting untuk menjaga kinerja dan usia mesin mobil Anda.

Oli berfungsi sebagai pelumas yang mengurangi gesekan antara komponen mesin, sehingga mengurangi panas dan aus yang dihasilkan.

Sebelum mudik, pastikan oli mesin sudah diganti sesuai interval waktu yang dianjurkan oleh produsen mobil Anda. Selain itu, periksa tipe oli yang digunakan sesuai dengan spesifikasi mobil dan kondisi cuaca yang akan dihadapi selama mudik.

 

  • Filter Mobil

 

Filter pada mobil berfungsi untuk menyaring partikel kotor yang dapat mengganggu kinerja mesin dan sistem lainnya. Terdapat beberapa jenis filter yang perlu diperiksa, seperti filter udara, filter oli, dan filter bahan bakar.

Filter udara berfungsi untuk menyaring debu dan partikel kotor sebelum masuk ke mesin, sehingga menjaga kebersihan udara yang masuk ke ruang bakar.

Filter oli berfungsi untuk menyaring partikel kotor yang terbawa oleh oli mesin, sehingga menjaga kebersihan oli dan mengurangi gesekan antar komponen.

Filter bahan bakar berfungsi untuk menyaring kotoran pada bahan bakar sebelum masuk ke sistem injeksi, sehingga menjaga kebersihan sistem bahan bakar dan mengoptimalkan pembakaran.

Baca Juga : Laher Motor: Fungsi, Jenis, dan Perawatan yang Tepat

 

  • Ban Mobil

 

Ban merupakan komponen mobil diperiksa sebelum mudik yang ketiga. Ban adalah empat bagian penting yang menunjang kenyamanan dan keselamatan saat berkendara.

Beberapa hal yang perlu diperiksa pada ban mobil sebelum mudik antara lain tekanan angin, ketebalan alur ban, dan kondisi ban secara umum.

Tekanan angin yang tepat akan meningkatkan traksi ban dengan jalan, sehingga mengurangi risiko tergelincir.

Ketebalan alur ban yang cukup akan membantu mengeluarkan air saat melaju di jalan basah, sehingga mengurangi risiko aquaplaning. Jangan lupa untuk memeriksa dan menyesuaikan tekanan angin pada ban cadangan.

 

  • Shock Absorber Mobil

 

Shock absorber atau peredam kejut adalah bagian dari sistem suspensi yang berfungsi untuk meredam getaran dan goncangan saat mobil melaju, sehingga menjaga kenyamanan Anda dan penumpang lainnya.

Shock absorber yang telah rusak atau aus akan mengakibatkan mobil Anda jadi lebih mudah tergoyang saat melalui jalan yang berlobang atau tidak rata.

Periksa kondisi shock absorber dengan mencoba menggoyangkan mobil atau melihat tanda-tanda kebocoran pada shock absorber. Jika diperlukan, segera ganti shock absorber yang rusak atau aus dengan yang baru.

 

  • Rem Mobil

 

Sistem pengereman merupakan salah satu sistem keselamatan yang paling kritis pada mobil. Pastikan juga komponen mobil diperiksa sebelum mudik yang lain seperti kondisi kampas rem, cakram rem, dan selang rem.

Kampas rem yang aus atau tipis akan mengurangi kemampuan pengereman dan meningkatkan risiko kecelakaan. Cakram rem yang bengkok atau berkarat juga akan mengurangi efektivitas pengereman.

Pastikan selang rem tidak ada yang bocor atau retak untuk menghindari kehilangan tekanan pada sistem pengereman. Jangan lupa untuk memeriksa kondisi rem parkir dan cairan rem.

 

  • Lampu-Lampu Mobil

 

Lampu mobil sangat penting untuk memberikan penerangan dan sinyal kepada pengendara lain saat berkendara. Pastikan lampu depan, lampu belakang, lampu sein, dan lampu kabut berfungsi dengan baik.

Jika ada lampu yang mati, segera ganti dengan bohlam yang baru. Pastikan juga pencahayaan lampu depan sudah diatur dengan benar, sehingga tidak menyilaukan pengendara lain.

Jangan lupa untuk membersihkan kaca lampu dari kotoran yang menempel, agar cahaya lampu lebih maksimal.

 

  • Aki Mobil

 

Aki mobil adalah sumber energi untuk menghidupkan mobil dan menjalankan sistem kelistrikan. Aki yang lemah atau sudah tua akan menyebabkan mobil sulit dihidupkan atau sistem kelistrikan tidak berfungsi dengan baik.

Periksa kondisi aki mobil dan pastikan tegangan aki sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan. Jika diperlukan, ganti aki yang sudah lemah atau tua dengan yang baru.

Pastikan pula koneksi kabel aki bersih dan bebas dari karat untuk menghindari gangguan pada sistem kelistrikan. Komponen mobil diperiksa sebelum mudik ini untuk memastikan tidak ada kerusakan yang membahayakan keselamatan.

 

  • Cairan-Cairan Mobil

 

Sebelum mudik, periksa kondisi berbagai cairan pada mobil, seperti cairan pendingin mesin, cairan pembersih kaca, dan cairan rem.

Cairan pendingin mesin berfungsi untuk menjaga suhu mesin tetap optimal dan mencegah overheat. Pastikan kadar cairan pendingin sesuai dengan rekomendasi pabrik dan tidak ada kebocoran pada sistem.

Kedua, cairan pembersih kaca berfungsi untuk membersihkan kaca depan dari kotoran yang mengganggu pandangan. Pastikan juga wiper berfungsi dengan baik dan cairan pembersih kaca cukup.

Terakhir, cairan rem berfungsi untuk menghasilkan tekanan pada sistem pengereman. Periksa kadar cairan rem sudah sesuai dengan rekomendasi pabrik dan tidak ada kebocoran pada sistemnya.

Baca Juga : Mengapa Suzuki Super Carry pick up adalah pilihan yang tepat untuk pengusaha UKM?

 

  • Minyak Power Steering Mobil

 

Minyak power steering berfungsi untuk menjaga sistem kemudi mobil bekerja dengan lancar dan mengurangi gesekan antar komponen. Pastikan minyak power steering dalam kondisi baik dan tidak bocor.

Jika diperlukan, tambahkan atau ganti minyak power steering yang sudah kotor atau kadar minyak menurun. Periksa juga kondisi selang power steering dan koneksi pada sistem.

 

  • Air Radiator Mobil

 

Air radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin dan menjaga suhu mesin tetap optimal. Sebelum mudik, periksa kondisi air radiator dan pastikan tidak ada kebocoran pada sistem.

Jika air radiator kotor atau kadar air menurun, tambahkan atau ganti air radiator sesuai dengan rekomendasi pabrik. Periksa juga kondisi tutup radiator dan selang-selang yang terhubung dengan radiator untuk memastikan tidak ada kebocoran atau kerusakan.

 

  • Perlengkapan Darurat Lain

 

Menyiapkan perlengkapan darurat adalah langkah penting yang sering diabaikan oleh banyak pengendara.

Perlengkapan darurat seperti alat pemecah kaca dan peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) sangat berguna dalam situasi darurat dan dapat membantu mengurangi risiko cedera atau kerugian lebih lanjut.

Selain itu, siapkan juga peralatan seperti dongkrak, kunci roda, dan ban cadangan yang layak pakai untuk menghadapi kemungkinan ban bocor atau kerusakan lainnya selama perjalanan mudik.

Dengan memeriksa 11 komponen mobil di atas sebelum mudik, Anda akan meningkatkan kenyamanan dan keselamatan di tengah perjalanan.

Pastikan setiap komponen mobil diperiksa sebelum mudik secara menyeluruh dan berkonsultasi dan kunjungi bengkel resmi Suzuki dengan melakukan booking service melalui website , menghubungi halo Suzuki & datang langsung ke dealer untuk mendapatkan perawatan berkualitas dan menghindari masalah teknis di jalan. Dengan persiapan yang matang, Anda dan keluarga akan menikmati perjalanan mudik yang aman dan menyenangkan.

Berita Lainnya