Tips & Trik

10 Penyebab Utama Mesin Overheat

PUBLISHED DATE : 03 Februari 2023

SIS Jan Blog 10

Salah satu bagian penting dari sistem pendinginan pada mesin mobil adalah pompa air. Pompa air terletak di belakang kipas radiator dan berfungsi untuk mensirkulasikan air pendingin melalui water-jacket dan menangani panas yang dihasilkan dari pembakaran sebelum dialirkan ke radiator untuk melepaskan panas. Sistem ini harus diperiksa secara teratur untuk mendeteksi kerusakan pada gasket atau korosi yang dapat menurunkan kinerjanya.

  • Thermostat Rusak

Lainnya, sensor suhu atau thermostat yang rusak juga dapat menyebabkan mesin mobil overheat. Sensor suhu yang rusak dapat mengirimkan sinyal suhu yang salah pada ECM/ECU, sehingga tidak dapat menyesuaikan proses yang terjadi pada mesin dan mengakibatkan overheat.

  • Penyumbatan Pada Radiator Hose

Baca Juga : Tips Mudah Cek Kondisi Sabuk Pengaman

Saluran pendingin, yang terdiri dari upper hose dan lower hose, sangat penting dalam sistem pendinginan kendaraan Anda. Namun, dari waktu ke waktu, ada kemungkinan saluran ini mengalami kerusakan. Penyumbatan pada saluran bisa terjadi karena bocor atau kerusakan pada tutup radiator, yang menyebabkan kevakuman dan menyusutnya saluran radiator. Periksa saluran ini secara berkala dan jangan biarkan masalah ini berlarut-larut agar tidak menyebabkan overheating pada mesin.

  • Kekurangan Air Radiator
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Perawatan Cvt

Tips Perawatan CVT yang Benar

Perawatan CVT diperlukan secara berkala jika menginginkan motor matic yang awet dengan kinerja optimal. CVT atau (Continuously Variable Transmission) adalah komponen yang penting d...

selengkapnya