Tips & Trik

10 Penyebab Utama Mesin Overheat

PUBLISHED DATE : 03 Februari 2023

SIS Jan Blog 10

Fungsi dari sirip radiator untuk membantu proses pelepasan panas dari radiator ke udara luar. Jika sirip radiator tersumbat, panas tidak dapat dikeluarkan dengan baik sehingga menyebabkan overheating. Bersihkan sirip radiator dari sampah dan benda-benda asing yang menghalangi pelepasan panas.

  • Penggunaan Cairan Pendingin Yang Tidak Tepat

Ketika menjaga kinerja mesin agar tetap optimal, penggunaan cairan pendingin yang tepat sangat penting. Cairan pendingin adalah campuran air dengan anti-beku (anti-freeze) atau etilen glikol. Bahan tambah anti-freeze berfungsi untuk mencegah air pendingin membeku saat suhu mencapai 0oC dan mencegah air mendidih saat suhu mencapai 100oC. Selain itu, anti-freeze juga akan membantu menurunkan suhu air saat air mencapai titik didihnya yaitu 100oC dan bahkan membantu air pendingin saat suhu belum mencapai temperatur normal. Campuran air pendingin yang ideal adalah 50% anti-beku dan 50% air. Pada beberapa kasus, terutama saat musim dingin, jumlah anti-freeze dapat ditingkatkan hingga 70%.

  • Kipas Radiator Tidak Berfungsi

Baca Juga : Menggunakan Motor Matic di Tanjakan? Siapa Takut!

Kipas radiator adalah komponen penting dalam sistem pendinginan mesin mobil. Fungsinya adalah untuk membantu aliran udara melewati radiator dan membuat proses pendinginan lebih efektif. Kipas radiator ditempatkan di belakang radiator dan dapat digerakkan dengan bantuan motor. Namun, beberapa mesin modern tidak selalu mengaktifkannya, terutama saat kendaraan berjalan cepat. Namun, saat putaran mesin rendah atau idle, kipas radiator sangat diperlukan untuk memastikan udara dingin mengalir dengan baik melewati radiator. Pastikan untuk mengecek kipas radiator dan motor-nya secara berkala untuk memastikan kinerjanya optimal..

  • Pompa Air Macet
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya