Tips & Trik

Yuk Mengenal Komponen AC Mobil dan Fungsinya

PUBLISHED DATE : 26 Oktober 2020

Xl7 Interior

Beralih pada komponen electrical, yang pertama ada magnetic clutch. Komponen penting dan canggih ini akan mengatur waktu yang tepat bagi kompresor untuk bekerja meski pulley pada mesin tetap berputar sebagaimana seharusnya.

Keberadaan dari magnetic clutch ini sangatlah penting karena pada saat kompresor mulai bekerja, tekanan pada freon akan menjadi semakin tinggi. Jika tekanan freon sedang tinggi, magnetic clutch akan menghentikannya.

Thermostat

Komponen utama lain yang tidak kalah pentingnya dari piranti lain adalah thermostat. Komponen ini sangat penting karena thermostat lah yang akan memberikan sinyal terhadap kondisi temperatur yang terdapat dalam kabin ke bagian kompresor secara otomatis.

Tidak hanya itu saja, dalam tubuh thermostat juga terdapat sebuah sensor yang fungsinya untuk mendeteksi suhu yang ada di dalam evaporator. Dapat dikatakan pula bahwa thermostat memiliki peranan penting karena dapat menjadi pengatur kerja kompresor AC.

Baca Juga : Kaca Helm Lecet? Coba Lakukan Tips Ini!

Pressure Switch

Demi menjaga keamanan sistem kerja AC mobil, ada sebuah piranti yang disebut dengan Pressure Switch atau singkatnya Press Switch. Komponen ini memiliki sensor liquid yang secara otomatis akan bekerja berdasar pada tekanan yang diberikan.

Relay

Nama relay tentu sudah sangat tidak asing lagi pada komponen mobil, termasuk pada komponen AC mobil. Fungsi utama dari si populer relay ini adalah, untuk mengalirkan arus listrik yang berasal dari magnetic clutch, blower, dan piranti lain agar tidak terjadi kerusakan pada bagian lain.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Penyebab Busi Motor Cepat Rusak

Penyebab Busi Motor Cepat Rusak

Dalam kondisi ideal, rata-rata busi bisa berfungsi maksimal hingga 8000-10.000 Km. Tapi sayang, ada beberapa kondisi yang menyebabkan busi jadi cepat rusak, salah satunya pengaruh ...

selengkapnya