Tips & Trik

Yuk Mengenal Fungsi Kepala Silinder dan Komponennya

PUBLISHED DATE : 28 Februari 2024

Kepala Silinder

Dikarenakan letaknya berada di mesin pembakaran, maka fungsi pertama dari cylinder head adalah sebagai ruang pembakaran antara bahan bakar kendaraan dengan udara sehingga menghasilkan tenaga. 

Bentuk ruang pembakaran ini tergantung dari model dan jenis mesinnya. Ada yang berbentuk parabola (hemispheric), segitiga sama kaki (pentroof), atau segitiga siku-siku (wedge). 

Untuk proses pembakarannya sendiri akan terjadi ketika piston telah mencapai TMA atau titik mati atas. Ini artinya, pencampuran udara dan bahan bakar kendaraan telah terkompresi sehingga piston secara otomatis akan terdorong ke bawah. 

  • Tempat Sirkulasi Oli

Fungsi yang kedua adalah sebagai tempat sirkulasi pelumas kendaraan atau oli melalui saluran yang ada di silinder blok mesin. 

Nantinya, pelumas tersebut akan dialirkan dari pompa oli ke suku cadang mekanisme katup yang ada di bagian kepala silinder. Komponen yang saling terhubung tersebut menjadikan komponen mekanisme katup selalu terlumasi oleh oli. 

  • Tempat Pemasangan Busi

Pada cylinder head terdapat bagian dudukan yang berfungsi sebagai tempat untuk memasang busi. Untuk bagian busi yang dimasukkan ke ruang pembakaran berguna untuk memantik api sedangkan sebagian lagi mengarah keluar dari cylinder head. 

  • Tempat Mekanisme Katup

Fungsi lainnya adalah sebagai tempat mekanisme valve atau katup yang akan mengatur terbuka/tertutupnya katup-katup. Untuk komponen di bagian ini berbeda-beda karena menyesuaikan dengan mesin yang digunakan. 

Baca Juga : AC Mobil Tiba-tiba Panas? Mungkin Ini Penyebabnya

Meskipun demikian, beberapa komponen yang umum terdapat pada cylinder head adalah camshaft , rocker shaft , valve intake, valve exhaust, exhaust, dan valve spring. 

  • Saluran Intake dan Exhaust

Dikarenakan terdapat saluran valve intake dan valve exhaust, maka secara otomatis kepala silinder berfungsi sebagai saluran udara dan bahan bakar yang masuk ke mesin (intake) dan tempat keluarnya asap dari hasil sisa pembakaran (exhaust). 

  • Jalur Water Jacket

Selain berfungsi sebagai tempat sirkulasi oli, cylinder head juga digunakan sebagai tempat untuk sirkulasi air pendingin atau air radiator yang akan mengalir melalui ruang/mantel air pendingin (water jacket). 

Air radiator itu sendiri memiliki fungsi untuk mendinginkan mesin yang suhunya mengalami peningkatkan (overheat). 

  • Sebagai Wadah Komponen Mesin

Cylinder head bisa dikatakan sebagai tempat terpasangnya beberapa komponen penting mesin seperti spark plug, katup, camshaft, injector, valve spring, rocker arm, dan  pushrod.    

  • Mengatur Kompresi

Fungsi berikutnya adalah untuk mengatur kompresi pada mesin. Dengan kata lain, komponen ini dibuat untuk memastikan terjadinya kompresi yang tepat agar menghasilkan tenaga mesin yang optimal. 

  • Mengalirkan Panas

Fungsi yang terakhir adalah sebagai salah satu suku cadang yang akan menerima panas secara langsung dari pembakaran. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya