Tips & Trik

Yuk Mengenal Fungsi Kepala Silinder dan Komponennya

PUBLISHED DATE : 28 Februari 2024

Kepala Silinder

Bagi pecinta otomotif yang gemar mengutak-atik mesin mobil tentu pernah melihat kepala silinder atau cylinder headMerupakan komponen di dalam mesin pembakaran mobil yang letaknya melekat di atas silinder blok yang diikat dengan baut khusus. 

Selain sebagai ruang pembakaran, suku cadang yang satu ini juga memiliki fungsi penting lainnya. Tidak hanya itu, setiap komponen yang melekat pada cylinder head juga memiliki fungsi tersendiri. 

Lantas, apa saja fungsi dari cylinder head tersebut dan apa nama komponen yang melekat di suku cadang ini? Berikut penjelasannya. 

Memahami Fungsi Kepala Silinder

Awalnya, onderdil ini terbuat dari baja murni yang dituang ke cetakan. Namun karena dianggap terlalu berat, saat ini bahan pembuatannya dari perpaduan antara baja dan aluminium alloy. Meskipun demikian, fungsi dari cylinder head tersebut tetap sama, yaitu: 

  • Sebagai Ruang Pembakaran

Dikarenakan letaknya berada di mesin pembakaran, maka fungsi pertama dari cylinder head adalah sebagai ruang pembakaran antara bahan bakar kendaraan dengan udara sehingga menghasilkan tenaga. 

Bentuk ruang pembakaran ini tergantung dari model dan jenis mesinnya. Ada yang berbentuk parabola (hemispheric), segitiga sama kaki (pentroof), atau segitiga siku-siku (wedge). 

Untuk proses pembakarannya sendiri akan terjadi ketika piston telah mencapai TMA atau titik mati atas. Ini artinya, pencampuran udara dan bahan bakar kendaraan telah terkompresi sehingga piston secara otomatis akan terdorong ke bawah. 

  • Tempat Sirkulasi Oli

Fungsi yang kedua adalah sebagai tempat sirkulasi pelumas kendaraan atau oli melalui saluran yang ada di silinder blok mesin. 

Nantinya, pelumas tersebut akan dialirkan dari pompa oli ke suku cadang mekanisme katup yang ada di bagian kepala silinder. Komponen yang saling terhubung tersebut menjadikan komponen mekanisme katup selalu terlumasi oleh oli. 

  • Tempat Pemasangan Busi

Pada cylinder head terdapat bagian dudukan yang berfungsi sebagai tempat untuk memasang busi. Untuk bagian busi yang dimasukkan ke ruang pembakaran berguna untuk memantik api sedangkan sebagian lagi mengarah keluar dari cylinder head. 

  • Tempat Mekanisme Katup

Baca Juga : Penyebab Karat Pada Knalpot dan Cara Hilangkannya

Fungsi lainnya adalah sebagai tempat mekanisme valve atau katup yang akan mengatur terbuka/tertutupnya katup-katup. Untuk komponen di bagian ini berbeda-beda karena menyesuaikan dengan mesin yang digunakan. 

Meskipun demikian, beberapa komponen yang umum terdapat pada cylinder head adalah camshaft , rocker shaft , valve intake, valve exhaust, exhaust, dan valve spring. 

  • Saluran Intake dan Exhaust

Dikarenakan terdapat saluran valve intake dan valve exhaust, maka secara otomatis kepala silinder berfungsi sebagai saluran udara dan bahan bakar yang masuk ke mesin (intake) dan tempat keluarnya asap dari hasil sisa pembakaran (exhaust). 

  • Jalur Water Jacket

Selain berfungsi sebagai tempat sirkulasi oli, cylinder head juga digunakan sebagai tempat untuk sirkulasi air pendingin atau air radiator yang akan mengalir melalui ruang/mantel air pendingin (water jacket). 

Air radiator itu sendiri memiliki fungsi untuk mendinginkan mesin yang suhunya mengalami peningkatkan (overheat). 

  • Sebagai Wadah Komponen Mesin

Cylinder head bisa dikatakan sebagai tempat terpasangnya beberapa komponen penting mesin seperti spark plug, katup, camshaft, injector, valve spring, rocker arm, dan  pushrod.    

  • Mengatur Kompresi

Fungsi berikutnya adalah untuk mengatur kompresi pada mesin. Dengan kata lain, komponen ini dibuat untuk memastikan terjadinya kompresi yang tepat agar menghasilkan tenaga mesin yang optimal. 

  • Mengalirkan Panas

Fungsi yang terakhir adalah sebagai salah satu suku cadang yang akan menerima panas secara langsung dari pembakaran. 

Itu sebabnya, bahan material untuk pembuatan cylinder head dipilih yang mampu menahan panas sekaligus mampu mengalirkan panas agar mesin tidak overheat atau rusak. 

Komponen Penting Pada Kepala Silinder  

Dalam sebuah suku cadang mesin yang disebut sebagai cylinder head terdapat sejumlah komponen penunjang yang setiap bagiannya memiliki fungsi masing-masing, berikut diantaranya: 

  • Busi

Memiliki fungsi untuk menghasilkan loncatan bunga api (percikan api) guna membakar campuran bahan bakar dan udara pada ruang pembakaran sehingga mobil bisa bergerak secara maksimal. 

  • Silinder Blok

Berfungsi sebagai tempat pembakaran sekaligus sebagai tempat dipasangnya kepala silinder. 

  • Adjusting Shim

Komponen ini berfungsi untuk menyetel atau mengatur celah katup. 

  • Valve Guide

Komponen yang berguna sebagai penghantar atau penyalur gerakan katup. 

  • Water Jacket

Onderdil ini dikenal juga dengan istilah mantel atau mesin pendingin, berfungsi sebagai saluran air pendingin (air radiator) guna mendinginkan suhu mesin dan setiap komponennya agar tidak mengalami overheat.  

  • Valve Lifter

Komponen yang berfungsi untuk mengangkat katup yang terdapat pada silinder mesin mobil. 

  • Gasket

Berfungsi seperti baut yang akan merapatkan dua onderdil yaitu kepala silinder dengan blok silinder agar tidak terjadi kebocoran yang bisa mengganggu kinerja mesin kendaraan. 

  • Piston (Torak)

Berfungsi untuk mengubah energi panas yang ada di ruang pembakaran menjadi tenaga mekanik. 

  • Intake Valve

Komponen yang juga dikenal dengan istilah katup hisap ini berfungsi sebagai saluran masuknya (intake manifold) bahan bakar yang ukurannya lebih besar dibandingkan katup buang.  

  • Exhaust Valve

Komponen ini dikenal juga dengan sebutan katup buang yang memiliki fungsi sebagai saluran keluarnya asap yang merupakan sisa hasil pembakaran.  

  • Oil Seal

Berguna untuk merapatkan oli agar tidak bocor atau menetes hingga ke ruang bakar sehingga menyebabkan masalah pada mesin. 

  • Combustion Chamber

Merupakan ruang bakar yang berguna sebagai tempat pembakaran. 

  • Valve Seat

Berfungsi sebagai tempat dudukan untuk komponen kepala katup. 

  • Valve Keepers

Berfungsi sebagai penjaga atau pengunci antara katup dengan pegas katup. 

  • To Intake Manifold

Baca Juga : Mau Aki Basah Awet? Begini Tipsnya!

Merupakan komponen yang berfungsi untuk dihubungkan dengan komponen Intake Manifold

  • To Exhaust Manifold

Merupakan komponen yang memiliki peran untuk dihubungkan dengan komponen Exhaust Manifold

Cara Mengatasi Kendala yang Terjadi pada Kepala Silinder

Peranannya yang sangat penting bagi kendaraan membuat cylinder head rentan rusak. Berikut beberapa masalah kerusakan yang mungkin terjadi di komponen ini dan cara mengatasinya. 

  • Retak atau Pecah

Kondisi ini terjadi akibat adanya tekanan pada cylinder head yang tidak merata atau karena mesin overheat. 

  • Patah atau Aus

Kondisi ini bisa terjadi akibat usia pakai atau penggunaan yang terlalu lama. 

  • Timbul Karat

Udara yang lembab atau sering terkena paparan air bisa membuat cylinder head yang terbuat dari besi menjadi berkarat (korosi). 

  • Penumpukan Kotoran atau Kerak Karbon

Masalah lain yang bisa terjadi pada komponen ini adalah terjadinya penumpukan kerak karbon akibat tidak teratur dalam mengganti oli mesin atau menggunakan bahan bakar kualitas rendah.. Jika dibiarkan tanpa penanganan serius bisa merusak mesin. 

  • Mengalami Kebocoran

Masalah ini bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti bocornya pipa air yang menuju ke cylinder head atau karena karet seal telah rusak. 

Semua permasalahan tersebut jika dibiarkan terlalu lama bisa menimbulkan kerusakan lain yang lebih parah dan berpotensi membahayakan keselamatan pengendara. 

Untuk itu, sebaiknya lakukan perawatan secara rutin dan periksa setiap bagian untuk memastikan tidak ada masalah serius. 

Bila ada indikasi seperti retak, aus, atau yang lainnya, sebaiknya segera lakukan perbaikan atau bahkan penggantian part agar mesin tidak mengalami kerusakan yang lebih serius. 

Intinya, penting bagi Anda untuk melakukan perawatan secara berkala terhadap kepala silinder agar performa mesin tetap terjaga. Anda bisa mengunjungi bengkel Suzuki terdekat atau reservasi dengan cara mengisi form booking service melalui website resminya.

Berita Lainnya