Tips & Trik

Yuk Mengenal Fungsi Filter Udara Mobil di Sini

PUBLISHED DATE : 19 Mei 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/fungsi_filter_udara.jpg

Setiap mobil memiliki filter udara yang berfungsi untuk tempat penyaringan udara. Akan tetapi, ternyata bagian yang satu ini juga memiliki fungsi lain dan penting untuk Anda ketahui.

Fungsi Filter Udara Mobil

Di bawah ini ada beberapa fungsi filter udara yang terdapat pada mobil, simak uraian selengkapnya berikut ini. 

Sebagai Tempat Untuk Penyaringan Udara di Dalam Mobil

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Jenis Karburator Motor

Fungsi filter udara yang pertama adalah untuk menyaring udara di dalam mobil. Perlu diketahui bahwa ketika ada udara masuk ke mesin, maka akan langsung disaring terlebih dahulu sebelum diteruskan ke ruang bakar. Adapun yang membantu proses penyaringannya adalah air intake. 

Oleh sebab itu bagian yang satu ini harus selalu bersih dan jangan sampai kotor atau rusak karena fungsinya sangat penting. Jika bagian ini bermasalah, maka proses tersebut tidak akan bisa sempurna.

Penyaring udara ini terletak di bagian paling atas mesin dan dilindungi oleh rumah filter. Komponen inilah yang menjadi pengantar udara bersih ke dalam kendaraan. Oleh sebab itu, peranannya memang tidak bisa diabaikan begitu saja karena komponen ini bukan hanya sekedar pelengkap. 

Baca Juga : Penyebab Sokbreker Depan Motor Rawan Bocor Saat Musim Hujan

Karena peranannya yang sangat penting itulah rumah filter juga dilindungi oleh sebuah klep untuk mencegah terjadinya kebocoran udara keluar kendaraan. Cara kerjanya yaitu komponen ini akan menghisap debu yang muncul agar tidak masuk ke dalam ruang mesin. 

Untuk Menyaring Kotoran di Dalam Mobil

Selain itu, komponen yang penting dalam mobil ini juga bisa dijadikan sebagai tempat penyaringan kotoran atau debu. Debu atau partikel kotor tersebut jika masuk dan menumpuk di dalam mobil akan membuat kendaraan akan mengalami masalah dan kemungkinan tidak bisa digunakan.

Baca Juga : Jangan Pasang Rem Parkir Terlalu Lama! Ini Risikonya

Oleh sebab itu, adanya penyaring udara ini berfungsi sebagai penyaring debu yang masuk ke dalam mesin mobil agar tidak mengenai komponen penting lainnya. Biasanya ruang mesin adalah komponen yang mudah kemasukan debu, jadi filter ini akan menghalangi debu masuk ke ruang tersebut.

Lantas apa yang akan terjadi jika komponen ini rusak? Tentu sudah bisa dipastikan bahwa ruang mesin pada kendaraan Anda akan kemasukan debu karena tidak ada yang menyaringnya. 

Jika hal tersebut dibiarkan dalam waktu yang lama, mesin mobil Anda bisa jebol. Jika mesin jebol, maka Anda bisa tekor karena butuh biaya yang sangat banyak untuk memperbaikinya.

Anda juga harus memperhatikan kebersihan filter udara ini karena jika kotor, maka pori-pori di dalamnya akan mengalami penyempitan. Efisiensi dari komponen yang satu ini juga akan berkurang. Selain itu, bahan bakar mobil Anda bisa cepat habis.

filter_udara

Menjaga Agar Proses Pembakaran Tidak Terganggu

Fungsi berikutnya adalah untuk menjaga proses pembakaran pada mobil agar tidak mengalami gangguan. Filter yang satu ini akan menyaring semua debu dan kotoran sehingga tidak akan mengganggu proses pembakaran kendaraan. 

Jika terganggu, maka mobil Anda tidak akan bisa digunakan. Hal ini juga disebabkan oleh debu dan kotoran yang mudah masuk ke dalam ruang mesin. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya