Tips & Trik

Yuk Mengenal Fungsi Filter Udara Mobil di Sini

PUBLISHED DATE : 19 Mei 2021

Fungsi Filter Udara

Sebenarnya efek yang akan terjadi tidak langsung membuat kendaraan mati total. Biasanya ini dimulai dari bahan bakar mobil yang jadi cepat habis dan kendaraan menjadi lebih lambat ketika digunakan. Jika bahan bakar cepat terkuras habis, tentu saja akan membuat Anda harus mengisinya lebih banyak dari sebelumnya. 

Nah agar hal tersebut tidak terjadi, maka yang harus dilakukan pada filter udara mobil adalah rutin dicek. Anda bisa mulai mengecek apakah ada debu atau kotoran yang menumpuk dan bisa langsung dibersihkan. Pengecekan ini bisa dilakukan sendiri maupun di bengkel.

Meningkatkan Performa Ruang Mesin

Fungsi lain dari komponen yang satu ini adalah untuk meningkatkan performa ruang mesin. Ruang mesin adalah kendali utama mobil Anda sehingga harus dijaga dan dirawat dengan sebaik mungkin. Jika ruang mesin kendaraan Anda bersih, ketika mobil digunakan akan terasa nyaman.

Di sini filter udara memang berperan penting dalam proses peningkatan performa tersebut. Komponen yang satu ini akan menyaring debu, kotoran dan udara yang masuk, sehingga tidak bisa menyentuh ruang mesin.

Mengingat fungsinya tersebut, jika komponen ini tidak ada atau mengalami kerusakan, tentu performa dari ruang mesin juga mengalami penurunan. Hal ini karena air dari penyaring udara sudah kotor. Hal itu juga akan mempengaruhi performa kendaraan. 

Mesin juga tidak akan menghasilkan tenaga yang maksimal karena komponen pentingnya kotor. Oleh sebab itu, Anda harus meluangkan waktu untuk melakukan pengecekan. 

Baca Juga : Jenis-Jenis Antena Radio Mobil dan Cara Perawatannya

Anda juga bisa membawanya ke bengkel terdekat jika tidak ahli di bidang ini. Jika komponen ini sudah rusak parah, alangkah baiknya jika langsung diganti dengan yang baru.

Menjaga Komponen Lain Agar Tidak Mengalami Kerusakan

Fungsi selanjutnya adalah menjaga komponen kendaraan yang lain agar tidak mengalami kerusakan. Jika filter ini bekerja maksimal untuk menyaring kotoran dan debu agar tidak masuk ke komponen lain, maka semua bagian mobil akan terlindungi sehingga tetap awet.

Anda hanya perlu membersihkan penyaring udara ini dengan cara menyemprotkan kompresor ke dalamnya jika komponennya tidak terlalu banyak kotoran. Akan tetapi jika kotorannya sudah menumpuk dan khawatir merusak komponen lainnya, alangkah baiknya diganti dengan yang baru saja.

Hal ini perlu dilakukan karena dikhawatirkan akan berpengaruh pada performa komponen lainnya, karena penyaring udara memiliki fungsi yang sangat penting untuk mobil. 

Salah satu komponen yang bisa terkena dampaknya adalah ruang pembakaran. Di sana akan banyak muncul kerak dan menjadi lebih kotor. Lalu bagaimana dengan air di dalam penyaring udara? Anda bisa membersihkannya juga secara berkala. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya