Tips & Trik

Yuk Ketahui, Ini Manfaat Tune Up Mobil dan Motor

PUBLISHED DATE : 25 September 2020

45511035 S

Tune up adalah salah satu tindakan yang memang dilakukan saat sedang melakukan service rutin. Namun, perawatan yang satu ini mempunyai variasi pekerjaan yang lebih beragam dibandingkan service biasa.

Dengan demikian baik biaya maupun waktu yang dihabiskan juga lebih tinggi dibandingkan dengan service biasa. Pada service biasa, hanya sebatas memeriksa pada bagian filter udara, sistem injeksi, fluida, serta pengecekan rem.

Disini, bagian dalam mesin tidak dilakukan pemeriksaan karena tidak adanya pembongkaran berlebih. Sedangkan pada tune up, bagian dalam mesin semisal sistem katup pun juga akan dilakukan pemeriksaan.

Manfaat Tune Up Mobil dan Motor

Saat ini Anda sudah memahami dengan baik jika service biasa dan tune up motor dan mobil adalah hal yang berbeda. Dengan melakukan tune up, ini artinya kendaraan akan dikembalikan seperti kondisi semula.

Baca Juga : Tidak Ribet, ini Biaya dan Cara Mutasi Motor Sendiri

Pada saat pemakaian jangka panjang, tentu saja akan ada gangguan serta berbagai kerusakan yang diakibatkan pemakaian terus menerus. Dengan dilakukannya tune up ini kendaraan bisa tetap dalam kondisi baik dan memiliki performa maksimal. Nah, berikut daftar manfaatnya.

  • Memaksimalkan Performa Mesin Kendaraan

Salah satu manfaat utama dari tune up adalah memaksimalkan performa mesin kendaraan. Seperti yang Anda ketahui, jika digunakan terus menerus dalam jangka panjang tentu saja mesin bisa mengalami masalah dalam urusan performa.

Dilakukannya tune up tentunya bisa membuat performa mesin semakin meningkat dan maksimal. Hal ini karena semua bagian dalam mesin akan diperiksa dan dilakukan perbaikan terhadapnya jika ditemukan masalah atau gangguan.

  • Menjaga Kondisi Mesin Tetap Awet

Fungsi tune up lainnya adalah menjaga agar kondisi mesin motor dan mobil tetap awet meskipun usianya sudah tidak muda lagi. Perawatan secara rutin inilah yang membuat komponen-komponen dalam mesin akan berusia panjang dibandingkan dengan kendaraan yang jarang melakukan tune up

  • Menghindari Resiko Kerusakan Lebih Parah

Tune up juga dapat menghindarkan resiko kerusakan komponen-komponen mesin yang lebih parah. Banyak pemilik kendaraan yang tidak menyadari jika komponen-komponen dalam mesin ada yang seharusnya disetel ulang atau diganti

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya