Tips & Trik

Volume Oli Motor Berkurang Tiba-tiba? Mungkin Ini Masalahnya

PUBLISHED DATE : 24 Oktober 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Volume-Oli-Motor-Berkurang-Tiba-tiba-Mungkin-Ini-Masalahnya.jpg

Seiring umur pemakaian, volume oli motor juga akan berkurang. Namun, jika berkurangnya terlalu banyak dalam jangka waktu yang cepat, Anda harus curiga. Kenapa? Karena mungkin saja hal tersebut adalah tanda-tanda kerusakan di mesin sepeda motor kesayangan Anda. Lalu, secepat dan sebanyak apa volume oli dikatakan susut atau berkurang terlalu banyak?

Contohnya, oli baru mencapai angka pemakaian 300 km, namun volume oli tiba-tiba tinggal 500 ml dari sebelumnya 1 liter atau 0,8 L. Bobot motor memang akan terasa lebih ringan saat

volume oli motor berkurang, tapi ingat, justru hal tersebut berbahaya dan harus segera diketahui penyebabnya.

Baca Juga : Motor Injeksi Tidak Perlu Dirawat, Yakin?

Apa penyebabnya?

Penyebab berkurangnya oli dalam jumlah yang banyak dalam waktu yang singkat biasanya karena kondisi ring piston yang sudah lemah, atau bisa juga terjadi karena adanya bagian mesin sepeda motor yang rembes. Ingat, salah satu fungsi ring piston adalah menjaga kompresi dan masuknya oli ke ruang bakar. Ketika ring piston lemah, ada oli menyusup masuk ke ruang bakar dan hal inilah yang menyebabkan volume oli susut atau berkurang. Yang mengerikan adalah kerusakan ring piston ini paling susah dideteksi, khususnya untuk Anda yang awam dalam dunia mesin sepeda motor. Salah satu ciri yang paling mudah adalah knalpot mengeluarkan asap putih saat RPM tinggi.

Selain ring piston yang lemah, penyebab oli motor susut lainya adalah seall atau gasket yang mengalami kebocoran. Ingat, jangan anggap remeh daerah di mesin rembes, karena jika dibiarkan bisa lebih parah dan akan semakin banyak oli yang rembes.

Baca Juga : Lampu Hazard untuk Sepeda Motor, Pentingkah?

Jangan malas rutin cek ketinggian oli!

Solusi yang bisa Anda lakukan sebagai langkah pencegahan adalah selalu cek ketinggian oli. Cara tidak sulit, untuk sepeda motor yang menggunakan dipstick, tinggal copot tutup lubang oli. Atau Anda juga bisa cek ketinggian volume oli melalui lubang intip. Jika Anda masih awam dan ragu untuk melakukannya, lakukanlah servis berkala di bengkel motor resmi Suzuki.

Mekanik handal di bengkel motor resmi Suzuki tidak hanya akan mengecek ketinggian oli, tapi juga bagian-bagian lainnya di sepeda motor Anda dan memastikan sepeda motor Suzuki Anda dalam kondisi prima dan siap untuk dipakai kapan pun. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa).

Baca Juga : Ini Dia Cara Mengendarai Motor Kopling yang Benar

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya