Tips & Trik

Tips Merawat Busi Motor

PUBLISHED DATE : 14 Juni 2023

Busi Motor2

Tanda pertama yang umumnya menandakan busi motor bermasalah adalah Anda kesulitan ketika ingin menyalakan motor. 

Meskipun Anda sudah mencoba kedua cara, yaitu dengan kick starter serta electric starter, mesin motor tetap tidak menyala. 

Jika hal tersebut terjadi, busi kemungkinan besar mengalami kerusakan sebab tandanya busi tidak bisa menghasilkan percikan api secara cukup untuk proses pengapian di ruang bakar mesin.

2. Motor Berhenti Sesaat

Jangan abaikan ketika Anda mengalami gejala yang satu ini. Motor yang berhenti sebentar lalu berfungsi kembali setelah Anda gas adalah pertanda adanya masalah pada busi.

Peristiwa tersebut disebut dengan misfire, yang merupakan peristiwa kurangnya percikan api di dalam ruang bakar. 

Apabila Anda mengalami gejala misfire, sebaiknya segera cek busi motor ke bengkel terpercaya dan lakukan penggantian busi. Peristiwa misfire cukup berbahaya karena motor Anda dapat berhenti kapan saja saat sedang berada di perjalanan.

3. Akselerasi Tidak Berfungsi Maksimal

Ketika Anda merasa performa tarikan gas motor menurun, bisa jadi terdapat masalah pada busi. Masalah tersebut dapat terletak pada kurangnya kemampuan busi saat melakukan stimulasi ruang bakar.

Baca Juga : Ketahui Resiko Sebelum Memasang Alat Penghemat Bahan Bakar

Busi tidak bisa memberikan percikan api secara sempurna saat proses pengapian. Hal tersebut akan berdampak pada akselerasi motor yang kemampuannya menurun dan tarikan gas menjadi tidak bertenaga.

4. Terjadi Surging pada Motor

Tanda lainnya yang menunjukkan bahwa busi harus segera diganti adalah terjadi surging pada kendaraan Anda. 

Surging merupakan kondisi ketika pasokan udara di ruang bakar terlalu banyak. Hal tersebut kemudian membuat proses pembakaran tidak bisa selesai dan berpengaruh pada kinerja motor saat digunakan.

5. Mesin Motor Tidak Seimbang

Biasanya disebut dengan mesin pincang, yaitu ketika motor dengan dua silinder mengalami penurunan performa akibat busi hanya mampu menghidupkan salah satu silinder.

Penyebabnya tentu saja karena adanya masalah pada busi, sehingga tidak mampu menjalankan fungsinya untuk menghidupkan kedua silinder pada motor.

Tanda mesin pincang yang bisa Anda kenali adalah suara mesin jadi tidak halus. Bila suara mesin sudah terdengar kurang nyaman, sebaiknya cek kondisi busi Anda.

6. Bahan Bakar Motor Lebih Boros

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya