Tips & Trik

Tips dan Trik Mengendarai Motor Kopling dengan Baik dan Benar

PUBLISHED DATE : 29 November 2023

Koping Motor

Melepas tuas kopling secara mendadak dapat menciptakan hentakan. Tidak jarang hentakan ini dibarengi dengan rasa kaget pengendaranya sehingga terjatuh.

Maka dari itu, Anda wajib melepas tuas kopling secara mendadak dan lepas saja secara halus.

  • Hindari Perseneling Tinggi Saat Motor Mulai Jalan

Ketika awal menekan kopling dan mulai menginjak gigi, biasakan untuk memulai dengan gigi terendah. Hindari mengganti perseneling tinggi ketika Anda baru mulai menjalankan motor.

  • Tidak Menaikkan Gigi Di Jalan Menanjak

Hal berikutnya adalah tidak menaikkan gigi di jalan yang menanjak. Hal tersebut dapat menyebabkan motor tidak dapat menanjak.

Maka dari itu, disarankan jika Anda menggunakan gigi satu ketika berkendara di medan menanjak. Pastikan juga Anda dapat mempertahankan gas motor dengan stabil.

Trik Berkendara Motor Kopling Saat Macet Di Jalan Tanjakan

Anda juga wajib mengetahui trik mengendarai motor kopling ketika macet di jalan tanjakan. Hal ini perlu diketahui karena biasanya pengendara mengalami kesulitan ketika macet di jalan tanjakan. Berikut ini triknya:

  • Menggantung Kopling Setengah

Trik pertama adalah tidak melepas dan menekan kopling secara keseluruhan. Disarankan Anda untuk menggantung kopling setengah.

Baca Juga : Cara Aman Naik Motor di Jalan yang Licin

Tujuannya adalah agar motor dapat tetap berjalan tetapi juga tidak mundur ke belakang. Untuk hal ini, Anda wajib mengetahui karakteristik tuas kopling motor Anda.

  • Pertahankan Kestabilan Gas Motor

Berkendara ketika macet di jalan tanjakan memang memiliki tantangan tersendiri. Trik yang dapat Anda terapkan adalah menjaga kestabilan gas motor.

Hal ini memang tidak mudah untuk pemula. Maka dari itu, sebelum Anda berkendara di medan tanjakan sebaiknya berlatih terlebih dahulu.

  • Tangan dan Kaki Pengendara Wajib Sigap

Mengendarai motor berkopling ketika macet di jalan menanjak, artinya kaki dan tangan Anda wajib sigap untuk menekan kopling dan rem. Anda juga wajib merasakan pergerakan motor Anda ketika tiba-tiba mundur.

Untuk hal satu ini juga wajib mengasah kemampuan dengan terus berlatih dan meningkatkan kemampuan berkendara dengan motor berkopling.

Kesimpulannya, mengendarai motor kopling tidaklah sulit jika Anda sudah terbiasa berlatih. Jika terus berlatih, maka mengendarai motor kopling akan terasa lancar.

Maka dari itu, jika kendaraan kesayanganmu mengalami masalah pada kopling atau butuh servis rutin untuk memastikan performa optimal komponen mesin dan kopling motor, jangan ragu untuk berkunjung ke bengkel resmi Suzuki terdekat. Temukan pengalaman servis berkualitas dan baca lebih banyak informasi bermanfaat mengenai perawatan kendaraanmu di sini untuk menjaga mobilmu tetap prima!

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya