Tips & Trik

Tidak Sulit, Ini Cara Melihat Nomor Rangka Motor

PUBLISHED DATE : 28 Desember 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/nomer_rangka_motor.jpg

Saat membeli motor bekas selain memastikan kondisi body dan mesin, sebaiknya Anda juga memperhatikan nomor rangka motor tersebut.  Layaknya sebuah produk industri, motor memiliki nomor identitasnya sendiri.

Nomor rangka ini juga terdapat pada Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB).

Lalu bagaimana cara melihat nomor rangka pada motor ini? Ternyata tidak sulit. Anda bisa mengikuti cara-cara berikut ini.

Baca Juga : Bearing Roda Motor Rusak? Segera Ganti agar Tak Merembet Kemana-mana

Suzuki_GSX

Cara Melihat Nomor Rangka Motor

Melihat Nomor Rangka di STNK

Surat Tanda Nomor Kendaraan atau biasa disebut dengan STNK merupakan cara melihat nomor rangka yang paling mudah. Sebagai surat tanda nomor kendaraan, surat ini memuat berbagai informasi lengkap mengenai kendaraan yang akan Anda beli.

Baca Juga : Motor Matic Kena Banjir? Segera ke Bengkel!

Namun sayangnya, STNK sering dipalsukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, Anda benar-benar harus teliti dan memastikan bahwa surat tersebut adalah asli. Anda bisa memeriksa keaslian dokumen dengan membawanya langsung ke Samsat setempat.

Melihat Nomor Rangka di BPKB

Cara selanjutnya tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya. Baik STNK atau BPKB umumnya memuat informasi tentang kendaraan, termasuk kepemilikan dan nomor rangka motor.

Baca Juga : Lengkap, Ini Dia Cara Memperpanjang SIM C untuk Motor

Seperti pada STNK, Anda juga harus memastikan keaslian BPKB agar tidak mengalami kerugian. Pasalnya, BPKB atau STNK sering dipalsukan untuk menjual motor second.  Namun ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mengetahui apakah BPKB kendaraan tersebut asli atau bukan.

Memeriksa Cover BPKB

Pertama, lakukan pemeriksaan pada halaman cover BPKB. Dokumen BPKB palsu biasanya memiliki warna yang lebih buram dan kusam, sementara yang asli mempunyai warna yang lebih mengkilap.

Cek Hologram

BPKB dilengkapi dengan hologram pada halaman pertama. Melalui hologram ini Anda bisa membedakan dokumen tersebut asli atau palsu.

Umumnya dokumen BPKB asli jika diterawang, hologramnya akan berubah warna. Berbeda dengan hologram BPKB tiruan. Hologram akan tetap berwarna abu-abu saat diterawang.

Lihat Lambang Korlantas

Pada halaman 14 BPKB asli Anda bisa menemukan lambang Korlantas jika meneranginya dengan sinar ultraviolet. Selain itu, logo tersebut juga dibuat timbul sehingga teksturnya terasa agak kasar dibanding dengan BPKB palsu yang memiliki tekstur rata.

Mengecek Nomor Rangka Secara Manual

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya