Tips & Trik

Tidak Sama, Begini Cara Merawat Motor Sport yang Benar

PUBLISHED DATE : 21 Juli 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/motor_sport.jpg

Memiliki motor sport merupakan impian bagi sebagian orang. Motor ini terkenal gagah dan membuat pengendaranya tampil lebih keren.

Karena itulah banyak yang mendambakannya. Jika Anda salah satunya, perlu dipahami bahwa cara merawat motor sport dengan motor biasa ternyata berbeda.

Cara Merawat Motor Sport yang Benar

Perawatan motor sport mungkin terbilang lebih mahal jika dibandingkan dengan motor biasa. Akan tetapi, apabila hal tersebut merupakan hobi nampaknya biaya berapapun yang harus dikeluarkan tidak menjadi masalah bukan? Nah, berikut perawatan motor sport yang baik dan benar untuk Anda.

Panasi Mesin Motor Setiap Hari

Baca Juga : Rawan Karat, Jangan Biarkan Tangki Bensin Motor Kosong!

Sebagai salah satu cara menjaga performanya tetap prima, motor sport harus dihidupkan mesinnya setiap hari. Entah mau dipakai untuk bepergian ke suatu tempat atau tidak. Namun yang pasti, memanasi mesin harus dilakukan secara rutin.

Terlebih lagi bagi motor yang jarang digunakan. Memanasi mesin merupakan hal yang sangat dianjurkan. Tidak perlu waktu lama, Anda hanya perlu memanaskannya selama 10-15 menit saja. Lakukan secara rutin dan sebaiknya dilakukan di pagi hari sebelum digunakan untuk beraktivitas.

Memanasi mesin semacam ini gunanya untuk menjaga komponen-komponen yang ada di dalam mesin motor agar tetap bisa bekerja secara maksimal dan sesuai tugasnya. Dengan demikian, mesin motor tidak cepat rusak meskipun jarang digunakan.

Pilih Bahan Bakar yang Memiliki Kualitas Terbaik

Baca Juga : Overheat Motor: Tanda, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Motor sport adalah motor mahal. Sangat sayang apabila tidak dirawat dengan baik dan kemudian mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, banyak hal yang harus benar-benar Anda perhatikan agar motor tidak cepat rusak. Salah satunya dalam pemilihan bahan bakar.

Motor sport sebaiknya menggunakan bahan bakar yang memiliki kualitas terbaik. Sebagaimana seluruh komponen-komponen motor terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi, selaraskan pula dengan bahan bakar yang Anda gunakan.

Lakukan Pengecekan Oli Secara Rutin

Oli merupakan komponen pelumas seluruh bagian mesin. Oleh karena itu bagi Anda yang memiliki kendaraan bermotor khususnya motor sport, kondisi oli merupakan hal yang tidak boleh luput dari perhatian. Oli harus dicek kondisinya secara rutin.

Baca Juga : Banyak Juga, Ini Dia Jenis Jenis Motor Yang Ada

Jika Anda mendapati ketinggian oli berada di bawah batas minimal dan kondisinya masih bersih, maka segera lakukan pengisian ulang. Jangan biarkan motor sport Anda kekurangan oli agar performanya tetap prima ketika digunakan.

Namun apabila kondisi oli sudah kotor dan terlalu keruh, sebaiknya segera diganti dengan yang baru. Penggantian oli setidaknya dilakukan selama 1-2 bulan sekali, tergantung seberapa sering Anda memakai kendaraan. Jika motor sering dipakai, lakukan penggantian oli setidaknya 1 bulan sekali.

merawat_motor_sport

Pantau Kondisi Sistem Kelistrikan

Sistem kelistrikan motor sport pun juga tidak boleh luput dari perhatian. Kelistrikan merupakan salah satu komponen terpenting dalam sebuah kendaraan bukan? Tanpa adanya komponen tersebut, mesin motor tidak akan bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Maka dari itu, kondisi sistem kelistrikan harus Anda pantau secara berkala agar motor tetap nyaman saat dikendarai. Terlebih bagi motor sport yang hanya menggunakan starter electric. Pengecekan kondisi sistem kelistrikan bisa dilakukan melalui aki. Apakah aki masih layak digunakan atau tidak.

Jika kondisinya terlalu kotor, segera bersihkan agar tidak menimbulkan kerak. Jaga kondisinya tetap baik supaya arus listrik yang disalurkan keseluruh bagian mesin tidak terhambat apapun.

Lakukan Servis Motor Secara Rutin

Perbaikan komponen atau sistem pada sebuah kendaraan tidak bisa Anda lakukan sendiri. Tetap memerlukan tenaga yang lebih ahli untuk melakukannya, apalagi jika motor yang Anda miliki adalah motor sport. Anda tidak boleh secara sembarangan mengotak-atik komponennya.

Supaya keadaan motor tetap prima, cara merawat motor sport selanjutnya adalah dengan melakukan servis secara rutin di bengkel resmi terdekat. Hal tersebut sebagai wujud antisipasi apabila ditemukan kerusakan pada spare partnya bisa segera diperbaiki.

Bayangkan jika motor Anda jarang diservis, kemudian ada spare part yang rusak dan tidak diketahui segera. Kerusakan yang terjadi pasti akan semakin parah. Bisa jadi malah menular ke komponen yang lainnya. Lebih fatal sekali bukan akibatnya?

Periksa Kondisi Rantai dan Ban

Jangan lupa pula untuk memeriksa kondisi rantai dan ban motor. Pastikan keduanya aman digunakan untuk berkendara. Apabila menemui ban motor Anda sudah dalam kondisi halus, segera lakukan penggantian. Jangan tunggu besok-besok.

Ban yang sudah halus akan sangat berbahaya digunakan berkendara. Tipis dan halusnya ban akan terasa licin ketika digunakan. Hal tersebut sangat berbahaya jika dibiarkan karena bisa menyebabkan kecelakaan.

Rantai motor juga tidak boleh dibiarkan dalam kondisi terlalu kering. Ia harus memiliki pelumas agar tidak mudah rusak dan aman digunakan. Apabila rantai sudah kendor, segera ganti dengan yang baru. Dengan demikian, mau kemanapun Anda pergi rasanya tetap aman dan nyaman.

Jangan Memarkirkan Motor di Tempat Panas

Sebagaimana kulit manusia, terpapar sinar matahari terlalu sering juga tidak baik bagi motor sport. Motor sport yang diparkir di tempat terbuka dan terkena sinar matahari langsung dalam waktu yang lama, bisa mengakibatkan fairing mengeras, kaku, kemudian pecah.

Jika hal tersebut terjadi, tampilan motor Anda tentu tidak akan kinclong lagi bukan? Warnanya pun akan terlihat memudar. Maka dari itu, sebaiknya Anda pilih tempat parkir yang teduh untuk menjaga tampilan motor sport tetap terlihat kece dan keren.

Sangat sayang bukan jika motor sport Anda yang memiliki harga mahal tersebut terlihat jelek karena catnya memudar dan fairingnya pecah? Anda pun pasti menjadi kurang percaya diri saat mengendarainya.

Jangan Sering Melakukan Bongkar Pasang

Untuk merawat motor sport agar tetap dalam kondisi baik, hindari melakukan bongkar pasang terlalu sering, meskipun Anda paham betul dengan ilmu otomotif. Apalagi jika yang sering Anda bongkar pasang adalah bautnya.

Hindari mengganti baut asli bawaan pabrik dengan yang lainnya. Jenis baut yang berbeda bisa merusak lubang dan fairing. Selain itu, jangan terlalu kencang memutar baut agar tidak merusak bagian fairing.

Jaga Kebersihan Fairing

Sebagai seorang pengendara, Anda pasti lebih nyaman dan percaya diri ketika mengendarai motor dalam keadaan bersih bukan? Nah, maka dari itu jangan malas untuk membersihkannya jika fairing motor terlihat kotor. Fairing sebaiknya dibersihkan secara berkala agar tampilannya tetap kinclong.

Apalagi jika motor baru saja digunakan hujan-hujanan. Sebaiknya segera cuci motor sport Anda agar tidak menimbulkan karat di bagian tertentu. Selama dilakukan secara baik dan benar, fairing tidak akan pecah meskipun dicuci dan dibersihkan berkali-kali.

Intinya, kebersihan fairing harus dijaga. Apabila Anda sedang dalam kondisi sibuk, setidaknya bersihkan fairing menggunakan lap agar kotoran atau debu yang menempel hilang.

Cara merawat motor sport memang gampang-gampang susah. Apabila Anda salah satu orang yang kurang telaten, sebaiknya bawa motor ke bengkel resmi Suzuki agar dicek secara keseluruhan oleh ahlinya. Jika ada sparepart yang perlu diganti pun, bisa langsung dilakukan di sana. 

Berita Lainnya