Tips & Trik

Komponen Sistem Kemudi Sepeda Motor dan Jenis-Jenisnya

PUBLISHED DATE : 05 Maret 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/8__Satria_FU_(2).jpg

Kemudi adalah sistem yang harus ada dalam setiap kendaraan termasuk sepeda motor. Komponen sistem kemudi pun harus selalu dicek kondisinya untuk menghindari ketidaknyamanan saat berkendara. 

Sangat mengganggu jika sistem kemudi mengalami gangguan bahkan resikonya bisa menimbulkan kecelakaan. Hal ini terkait dengan fungsi kemudi sepeda motor sebagai sistem untuk mengarahkan kendaraan ke kiri, kanan dan lurus. 

Setiap komponen dalam kemudi memiliki peranan penting sehingga laju kendaraan dan arah ketika dibelokkan jadi lebih nyaman. Apa saja komponennya, langsung saja cek. 

Baca Juga : Lampu Kolong Motor : Pengertian, Fungsi dan Cara Pasangnya

Apa Saja Fungsi Komponen Sistem Kemudi 

Sistem kemudi diciptakan untuk mengontrol arah sepeda motor agar jalannya sesuai dengan keinginan pengemudi. 

Tenaga yang dihasilkan untuk mengendalikan arah memanfaatkan tenaga tangan yang diteruskan ke roda melewati batang kemudi serta garpu depan. 

Baca Juga : Panduan Mengendarai Motor Berpostur Jangkung

Jari-jari lingkaran yang dihasilkan kemudi sepeda motor ditentukan oleh besar atau kecilnya sudut belok dari stang. Bisa juga ditentukan dari sudut kemiringan sepeda motor ketika berbelok. 

Selain untuk membuat kendaraan berbelok atau jalan lurus, komponen sistem kemudi sepeda motor juga memiliki fungsi lain. Pertama untuk menyokong stang dan garpu depan. 

Selain sebagai penyokong stang, cek juga fungsi lainnya di halaman berikutnya.

Baca Juga : Handle Rem Motor Terasa Blong? Ternyata Ini Penyebabnya

_____________________________________________________________________________________________

Fungsi kedua adalah untuk menerima guncangan beban melalui garpu depan. Fungsi ketiga adalah untuk menjaga keseimbangan dan konsistensi sepeda motor. Sistem kemudi ini juga memiliki fungsi sebagai navigasi. 

Oleh karena itulah pada stang motor dilengkapi dengan klakson, handle kopling, handle gas dan rem serta tombol lampu. Tersedia juga kecepatan bensin dan masih banyak lagi. 

Macam-Macam Komponen Sistem Kemudi

Mengingat fungsinya yang begitu banyak, komponen di dalamnya harus dijaga dan di cek secara berkala. Apa saja komponen yang perlu dijaga kondisinya sekaligus pembentuk sistem kemudi motor, daftarnya berikut ini

  • Tangkai Kemudi 

Disebut juga sebagai handlebar, komponen sistem kemudi sepeda motor ini memiliki peranan yang besar untuk pegangan pengemudi dalam mengatur kendaraan. 

Pemasangannya ada di jembatan garpu atas dan diikat oleh dudukan tangkai kemudi. Perannya adalah sebagai dudukan lampu depan, kaca spion, tuas kopling, rem depan dan holder saklar. Jenisnya terdiri menjadi dua yaitu:

  • Tipe Tubular 

Tipe yang pertama ini berbentuk pipa dan banyak digunakan untuk berbagai sepeda motor seperti Suzuki A100. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya