Tips & Trik

Komponen Sistem Kemudi Sepeda Motor dan Jenis-Jenisnya

PUBLISHED DATE : 05 Maret 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/8__Satria_FU_(2).jpg

Bisa disimpulkan ketika sudut caster lebih besar maka jarak trail akan lebih kecil. Keduanya, baik itu trail dan caster perlu diperhitungkan dengan matang karena berhubungan erat pada pengaruh kestabilan sistem kemudi. 

Gangguan yang Sering Muncul pada Komponen Sistem Kemudi 

Semua komponen sistem kemudi sepeda motor bisa saja mengalami gangguan sewaktu-waktu. Gangguan ini dapat dikenali oleh pengemudi dengan mudah sehingga tidak perlu menunggu kerusakan parah baru Anda pergi ke bengkel. 

Berikut ini beberapa ciri gangguan yang bisa dirasakan pada sistem kemudi. 

  • Kemudi Terasa Lebih Berat 

Gangguan yang pertama ini akan membuat tangan Anda cepat lelah, pasalnya stang terasa lebih berat. Anda bisa merasa tekanan berat ini ketika berbelok atau menikung tajam. 

Apa yang menjadikan kemudi terasa berat, cek di halaman selanjutnya.

_____________________________________________________________________________________________

Penyebabnya bisa beberapa hal, pertama adalah pemasangan mur steering handle yang terlalu kencang. Padahal fungsi dari mur adalah memastikan as kemudi telah terpasang baik, namun jika terlalu kencang bisa menimbulkan kemudi terasa berat. 

Penyebab selanjutnya adalah komponen sistem kemudi yakni steel bali mengalami kerusakan. Komponen ini berwujud gotri dengan fungsi untuk mengurangi gesekan serta membuat gerak as lebih ringan. 

Jika gotri mengalami aus apalagi pecah maka pergerakan stang berbelok akan berat. Penyebab ketiga adalah ketika bantalan cincin mengalami keausan. Fungsi dari bantalan ini adalah rumah steel ball atau tempat gotri. 

Apabila bantalan rumah rusak maka gotri tidak mampu bergerak dan kemudi jadi lebih berat. 

  • Kemudi Terasa Tertarik pada Satu Arah 

Jenis gangguan yang kedua adalah sistem kemudi sepeda motor yang terasa tertarik pada satu arah. Penyebabnya bisa karena roda depan dan belakang yang tidak segaris. 

Kedua adalah kaki garpu depan mengalami kebengkokan sehingga poros depan menjadi bengkok. Penyebab ketiga bisa karena poros depan bengkok karena benturan keras. 

Keempat, bisa karena kabel gas atau kabel rem terjepit. Kelima adalah segitiga dudukan stang mengalami kerusakan. Rajawali  atau pemegang garpu depan yang tidak simetris juga bisa jadi penyebabnya. 

______________________________________________________________________________________________

Demi menghindari kedua gangguan ini, maka semua komponen sistem kemudi harus cepat dan tepat dalam pengecekan. Misalnya Anda mengalami gangguan ini sebaiknya segera datangi bengkel resmi 2W Suzuki

Jangan sampai menunggu sampai sistem kemudi rusak parah karena akan menguras kantong Anda dalam perbaikannya. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya