Komponen Sistem Kemudi Sepeda Motor dan Jenis-Jenisnya
26 Februari 2025
Admin
.webp)
Bagikan
Sistem kemudi memiliki komponen utama yang saling bekerja sama untuk menghasilkan kendali yang optimal bagi pengendara. Berikut ini 6 komponen sistem kemudi yang wajib Anda ketahui secara menyeluruh, yaitu:
1. Handlebar (Batang Kemudi)
Komponen pertama ada handlebar atau batang kemudi yang berfungsi sebagai tempat kendali dan instrumen yang diperlukan pengendara. Pada bagian inilah terletak tombol starter, tombol lampu, rem depan, kaca spion, dan sebagainya.
Letak batang kemudi berada di atas garpu sisi atas dan diikat oleh dudukan handlebar. Komponen ini memiliki fungsi vital untuk stabilitas motor dan kendali pengemudi. Makanya, wajib jika handlebar harus diletakkan sesuai dengan kenyamanan Anda.
2. Jembatan Garpu Sisi Atas
Jembatan garpu sisi atas adalah komponen sistem kemudi yang letaknya di sisi atas garpu sepeda motor. Fungsi komponen ini adalah memberikan dukungan struktur dan sebagai penghubung komponen kemudi motor lainnya.
Fungsi garpu sisi atas lainnya adalah sebagai tangkai shock absorber yang menghubungkan batang dengan poros kemudi. Jadi, posisi komponen ini berpengaruh besar untuk memberikan kestabilan pada motor Anda.
3. Penjepit Batang Kemudi
Baca Juga : Rawan Karat, Jangan Biarkan Tangki Bensin Motor Kosong!
Berada di ujung atas garpu sepeda motor, komponen penjepit batang kemudi berguna sebagai pengikat batang kemudi dengan jembatan garpu sisi atas. Komponen ini juga berperan penting untuk mengendalikan motor dengan baik dan nyaman.
Jadi, jika Anda ingin mengendarai motor dengan baik, pastikan komponen penjepit batang kemudi dalam kondisi baik dan seimbang. Jangan sampai komponen ini mengalami kelonggaran dan sebagainya.
4. Poros Kemudi
Komponen sistem kemudi motor selanjutnya ada poros kemudi atau lebih familiar dengan sebutan steering stem. Peran krusial komponen ini adalah mentransfer gerakan batang kemudi dengan roda depan motor Anda.
Selain itu, poros kemudi juga menjadi connector antara batang kemudi, front fork (garpu depan) dan roda depan dalam sistem rangka sepeda motor.
Jadi, poros kemudi berhubungan langsung dengan pergerakan batang kemudi dengan roda depan motor dapat terkendali.