Tips & Trik

Komponen Sistem Kemudi Sepeda Motor dan Jenis-Jenisnya

PUBLISHED DATE : 05 Maret 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/8__Satria_FU_(2).jpg

Kenali juga tipe pressed steel di halaman berikutnya.

_____________________________________________________________________________________________

  • Tipe Pressed Steel 

Tipe yang kedua lebih sering digunakan sepeda motor tipe bebek . Bentuknya mirip dengan tipe tubular dan yang membedakan diciptakan dari plat baja di press. 

Lempengan baja dibentuk menjadi penutup lekukan dari batang kemudi dan pengapit lampu depan serta speedometer. 

  • Jembatan Garpu Sisi Atas

Khusus sepeda motor dengan suspensi telescopic terdapat komponen jembatan garpu atas atau penyambung. Fungsinya adalah sebagai pemegang garpu dan dudukan tangkai kemudi. 

Jembatan garpu sisi atas ini akan berfungsi sebagai dudukan tangkai kemudi yang menyambungkan dengan poros kemudi. Tangkai kemudi juga akan disambungkan dengan pemegang tangkai kemu. 

  • Pencapit Tangkai Kemudi 

Komponen ini menjadi adalah pencapit tangkai kemudi yang berfungsi untuk mengikat tangkai kemudi dengan jembatan garpu sisi atas serta pemegang tangkai kemudi. 

  • Poros Kemudi 

Disebut juga sebagai steering stem steering stem dan berfungsi menyambungkan antara kemudi, roda depan, garpu depan dan kepala kerangka. 

Cek juga dua komponen sistem kemudi lainnya di halaman selanjutnya.

______________________________________________________________________________________________

Jalinan poros kemudi dengan kepala kerangka dilengkapi dengan peluru bantalan yang bisa diatur tingkat kekerasannya serta mengendalikan berat entengnya kemudi. 

  • Mur Penyetel, Peluru Bantalan, Cincin Dudukan Bola Peluru Atas dan Bawah

Empat komponen ini bekerja sebagai dudukan poros kemudi serta kepala kerangka. Kelancaran pergerakan bola peluru pada dudukannya bisa memberikan pengaruh pada enteng tidaknya kemudi. 

  • Sil Penutup Debu, Kotoran dan Air 

Fungsi dari sil adalah untuk menahan debu, air serta kotoran yang lainnya masuk di bantalan peluru agar tidak mudah aus atau macet. 

Jenis-Jenis Komponen Sistem Kemudi Sepeda Motor

8._Satria_FU__1_

Sistem kemudi sepeda motor terdiri dari dua jenis yaitu caster dan trail. Keduanya diterapkan pada jenis motor yang berbeda. Berikut ini penjelasan dari masing-masing tipenya. 

  • Kemudi Caster 

Tipe yang pertama ini memiliki sudut kemiringan dari poros kemudi pada satuan derajat. Pada saat garis sejajar poros kemudi ditarik maka akan didapatkan sudut yang dihitung dan garis horizontal. 

_____________________________________________________________________________________________

Ketika sudutnya kecil artinya akan memperpanjang jarak trail. Efeknya adalah pengendalian motor jadi lebih baik pada jalanan lurus dengan kecepatan tinggi. Hanya saja akan kurang enak ketika berada di kecepatan rendah dan menikung. 

  • Kemudi Trail 

Tipe selanjutnya ini merupakan jarak antara titik potong dari garis melewati poros kemudi pada jalan mendatar atau horizontal ke arah titik tumpu ban depan ketika di atas jalan. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya