Tips & Trik

Tidak Ribet, ini Biaya dan Cara Mutasi Motor Sendiri

PUBLISHED DATE : 23 November 2020

Nex Cross

Langkah pertama yang harus Anda lalui ketika hendak melakukan mutasi motor sendiri ialah mencabut berkas motor. Cara cabut berkas motor pun harus Anda lakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Pertama, Anda harus mendatangi SAMSAT yang ada di daerah tempat tinggal asal dengan membawa sekalian motor yang hendak dicabut berkasnya. Jangan lupa juga untuk membawa serta bukti cek fisik yang sebelumnya telah Anda lakukan.

Nah, bukti cek fisik ini biasanya membutuhkan biaya, namun juga tergantung pada daerah masing-masing. Kadang ada yang harus membayar sejumlah uang ke petugas  dan ada juga yang gratis.

Petugas cek fisik akan menggesek nomor mesin dan kendaraan Anda menggunakan kertas khusus. Kemudian, hasil yang diperoleh dari menggesek nomor akan diserah ke loket tempat verifikasi. Ketika akan melakukan cek fisik ini, sebaiknya Anda datang lebih pagi agar antrian tidak terlalu panjang.

Cek fisik sebenarnya juga bisa dilakukan di SAMSAT daerah tempat tinggal yang baru.

Di sana, Anda hanya perlu melapor pada petugas jika hendak melakukan cek fisik guna pencabutan berkas. Petugas kemudian akan menyiapkan blangko yang berisi keperluan mutasi.

Baca Juga : Kini Semakin Mudah, Berikut Cara Bayar Tilang Online

Namun, akan lebih mudah jika langsung memberikan berkas-berkas yang nantinya akan dilampirkan dalam blangko mutasi di SAMSAT daerah tempat tinggal asal.

Anda hanya perlu mendatangi loket guna melakukan verifikasi berkas-berkas tadi, dan jika sudah benar semua akan dilegalisir petugas.

Tunggu beberapa saat dan Anda akan dipanggil untuk mengambil kembali berkas-berkas tersebut. Setelah itu, petugas akan mengarahkan Anda ke bagian Pelayanan Mutasi Kendaraan.

Cabut Berkas Mutasi Motor

Setelah cek fisik dilakukan, selanjutnya masuk pada tahapan pencabutan berkas. Cara cabut berkas motor ini dilakukan dengan datang langsung ke loket pelayanan untuk melakukan pendaftaran. Formulir yang diminta yaitu formulir mutasi dan balik nama sekaligus.

Pada bagian ini, petugas pelayanan mutasi kendaraan akan meminta berkas-berkas yang telah dilegalisir pada saat melakukan cek fisik tadi untuk diperiksa kembali. Jika semua berkas telah benar, formulir bisa langsung diisi.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya