Tips & Trik

Ternyata Ini Penyebab Lampu Senja Motor Mati & Solusinya

PUBLISHED DATE : 11 Januari 2022

153995759 S

Penyebab selanjutnya adalah air hujan masuk ke dalam reflektor. Hal ini juga bisa terjadi ketika terdapat lubang di bagian reflektor. Bahkan ketika Anda mencuci motor pun air akan mudah masuk. 

Air akan cepat masuk ketika Anda menggunakan jenis dudukan lampu  atau fitting yang tidak memiliki karet pelindung. Biasanya jika penyebabnya adalah air yang masuk maka akan muncul warna kehijauan pada lampu. 

Apabila Anda melihat tanda ini maka sebaiknya segera cek fitting lampu. Apabila tidak memiliki karet ganti dengan dudukan lampu berkaret. Kemudian ganti komponen lampu dengan yang baru. 

    5. Rusaknya Soket 

Selain tidak menggunakan lampu yang asli, masalah juga terjadi karena mengganti soket lampu. Penggantian mungkin saja dilakukan karena soket bawaan sudah rusak. 

Biasanya lampu sering mati karena kualitas soket yang buruk, bisa juga karena pemasangan kabel pada soket tidak rapi. Akhirnya membuat kabel mudah konslet dan lampu cepat putus ketika motor digunakan. 

Solusinya Anda harus selalu memasang soket yang baru di bengkel resmi dan gunakan komponen yang sama. Karena pemasangan akan dilakukan oleh mekanik profesional yang sudah terlatih. 

    6. Aki yang Overcharge

Baca Juga : Tips Ampuh Mengkilapkan Bodi Motor Yang Kusam

Pengisian aki yang berlebih atau overcharge ternyata juga bisa jadi penyebab lampu lebih sering mati. Secara umum pengisian aki ini tidak boleh melebihi 14,5 V atau 15,5 V. 

Ketika pengisian lebih dari angka tersebut karena Anda sering ngegas lebih dari batas maksimal maka selain lampu, aki juga jadi lebih panas. Kerusakan tak hanya terjadi pada lampu tetapi juga aki. 

Selain mengegas dalam batas normal, Anda juga perlu mengecek jalur pengisian yang mungkin saja bermasalah. Mulai dari spul, aki yang rusak atau kiprok. 

    7. Motor dengan Automatic Headlight On

Seiring dengan peraturan menyalakan lampu motor di siang hari, para produsen pun menerapkan sistem Automatic Headlight ON atau AHO. Sistem ini memungkinkan lampu senja motor untuk terus menyala. 

Motor pun tidak dilengkapi dengan saklar On atau Off untuk lampu. Hanya ada pengaturan lampu jarak dekat dan jauh saja. Lampu yang terus menerus menyala otomatis akan mengurangi usia lampu lebih cepat. 

Jangan biarkan lampu senja yang sering mati terus menerus. Hanya mengganti lampu tidak menjadi solusinya. Apabila terjadi kerusakan yang sama, Anda sebaiknya segera datang ke bengkel motor resmi Suzuki

Sekian pembahasan mengenai lampu senja nya. BradSis, jangan lupa untuk cek informasi motor Sport Touring terbaru dari Suzuki Indonesia yaitu GIXXER SF 250. Motor yang asik buat riding bareng temen-temen lo nih Brads! #TheArtofRiding

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya