Tips & Trik

Ternyata Ini Penyebab Lampu Senja Motor Mati & Solusinya

PUBLISHED DATE : 11 Januari 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/153995759_s.jpg

Lampu senja motor menjadi komponen penerangan dari kendaraan yang sangat penting. Istilah lain dari lampu senja adalah lampu kota memiliki fungsi membantu penglihatan pengendara motor ketika cuaca tidak cerah. 

Lampu dihidupkan pada cuaca mendung dan juga malam. Lampu senja ini berukuran sangat kecil dan biasanya hanya berukuran 5 watt saja. Apalagi beberapa tahun terakhir ada peraturan untuk menyalakan lampu saat siang hari. 

Pengendara sepeda motor pun bisa menyalakan lampu senja saat siang hari karena bisa memberikan penerangan sekaligus tanda bagi pengendara lainnya. 

Baca Juga : Fakta Menarik Motor Sport Suzuki GSX-R150

Hanya saja dalam beberapa kasus, lampu senja ini tidak dapat hidup. Apa yang menyebabkannya tidak menyala dan apa saja penyebab lampu mudah putus? Kenali juga solusinya di sini. 

Mengapa Lampu Senja Motor Tidak Mau Menyala? 

Ada satu penyebab lampu senja motor mati yang kerap kali terjadi yaitu karena Anda menggantinya dengan lampu LED. Dibandingkan lampu bohlam, kini lampu LED lebih sering digunakan untuk motor. 

Alasannya karena lampu jauh lebih terang, harga murah dan irit listrik. Hanya saja penggantian lampu ini justru jadi masalah utama lampu senja jadi tidak menyala. 

Baca Juga : Macam Macam Sepeda Motor Sport Suzuki

Padahal masalahnya sebenarnya hanya sepele, yaitu karena posisi dari lampu LED tidak tepat. Kemudian kebanyakan orang akhirnya kembali lagi menggunakan lampu bohlam bawaan dari pabrik. 

Masalah sebenarnya tidak terjadi karena kerusakan pada lampu LED. Namun karena posisi lampu yang terpasang di soket tidak memiliki posisi kutub yang tepat. Ketika dipasang lampu LED cenderung memiliki posisi kutub berlawanan. 

Solusinya ketika lampu senja motor jenis LED tidak menyala usai dipasang maka Anda perlu melepaskannya kembali. Setelah itu putar posisi lampu agar posisi kutub negatifnya berubah. 

Baca Juga : Pengaruh Penggunaan Bahan Knalpot Motor, Pada Suara Atau Performa?

Apabila lampu LED kondisinya normal maka saat kendaraan dinyalakan, lampu juga akan ikut menyala. Khusus lampu LED yang digunakan sebagai lampu senja motor posisinya harus sesuai agar mudah menyala. 

Hal tersebut berbanding terbalik dengan lampu bohlam yang akan langsung menyala meskipun dipasang di arah mana saja. Ketika Anda sudah mencoba memutar lampu LED dan tetap tidak menyala, artinya ada dua kemungkinan. 

Pertama terdapat kerusakan pada lampu, kedua kerusakan justru terjadi pada soket. Anda bisa mencoba menggunakan lampu LED lain yang bagus untuk mengetahui sumber kerusakannya. 

Penyebab Lampu Senja Motor Mati dan Solusinya

104096322_s__1_

Berbeda lagi jika permasalahan yang dihadapi adalah lampu senja yang sering putus. Tentu bagi pemilik kendaraan, lampu putus ini sangat mengganggu. 

Bukan perkara harga lampu yang murah namun ketika berkendara di malam hari Anda bisa kesulitan dilihat jalan. Aktivitas berkendara sudah pasti akan terganggu jika lampu sering putus dan mati. 

Ada beberapa penyebab mengapa lampu senja motor Anda lebih cepat mati. Simak beberapa penyebab dan solusi memperbaikinya berikut ini. 

  1. Anda Tidak Menggunakan Lampu Asli Pabrikan 

Apakah Anda selalu mengganti lampu senja dengan yang asli keluaran pabrikan? Banyak sekali pengendara yang asal membeli lampu senja tanpa memperhatikan produsen dan di mana membeli. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya