Tips & Trik

Pengaruh Penggunaan Bahan Knalpot Motor, Pada Suara Atau Performa?

PUBLISHED DATE : 06 Desember 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Pengaruh-Penggunaan-Bahan-Knalpot-Motor-Pada-Suara-Atau-Performa.jpg

Foto: laskarsuzuki.wordpress.com

Saat ini ada beberapa jenis bahan yang sering digunakan dalam pembuatan knalpot sepeda motor. Bahan-bahan tersebut adalah bahan galvanis, stainless, aluminium hingga penggunaan bahan titanium. Lantas, dari beberapa pilihan bahan pembuatan knalpot sepeda motor tersebut,  apakah akan berpengaruh dengan suara dan performa yang dihasilkan?

Tidak Berpengaruh pada Suara

Baca Juga : Mika Lampu Motor Kusam dan Menguning? Begini Triknya

Jenis bahan yang dipakai dalam pembuatan knalpot sepeda motor tidak akan berpengaruh pada suara knalpot. Jadi bisa disimpulkan, memakai bahan apapun, baik itu bahan galvanis, stainless, aluminium hingga penggunaan bahan titanium. untuk membuat knalpot, suara yang dihasilkan oleh sepeda motor tidak akan Anda temukan perbedaannya.

Misalkan bahan knalpot paling tebal seperti aluminium atau stainless itu tebalnya sekitar 1 sampai 1,2 mm. Lalu, titanium hanya 0,8 mm, jika perbedaan tebal sekitar 0,2 mm maka tidak ada pengaruh apapun dalam suara.

Bisa Berpengaruh pada Performa

Baca Juga : 7 Cara Merawat Gear dan Rantai Motor Agar Awet

Walaupun tidak berpengaruh pada suara yang dihasilkan, jenis bahan yang dipakai dalam pembuatan knalpot sepeda motor bisa berpengaruh pada performa sepeda motor. Ini bisa terjadi karena adanya perbedaan bobot yang sangat mungkin berpengaruh pada bobot sepeda motor secara keseluruhan sehingga juga berpengaruh pada performa sepeda motor.

Contohnya, titanium adalah bahan yang paling ringan dan jika knalpot sepeda motor sepeda motor memakai bahan ini, maka akan berpengaruh pada bobot sepeda motor dan bisa otomatis berpengaruh pada performa sepeda motor secara keseluruhan.

Semoga informasi ini bermanfaat dan ingat untuk tidak sembarangan mengganti komponen apapun pada sepeda motor Anda, termasuk knalpot. Ini penting untuk menjaga performa sepeda motor Suzuki Anda. Sebelum mengganti komponen apapun, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan mekanik handal Suzuki di bengkel resmi Suzuki.

Baca Juga : Harus Tahu, Ini Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa).

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya